Abstrak


Kajian Stilistika Novel Alun Samudra Rasa Karya Ardini Pangastuti BN


Oleh :
Dwi Patminingsih - C0112012 - Fak. Ilmu Budaya

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah (1) pemanfaatan dan pemilihan aspek-aspek bunyi dalam novel Alun Samudra Rasa karya Ardini Pangastuti Bn, (2) diksi atau pemilihan kosakata dalam novel Alun Samudra Rasa karya Ardini Pangastuti Bn, (3) penggunaan gaya bahasa dalam novel Alun Samudra Rasa karya Ardini Pangastuti Bn, (4) aspek pencitraan dalam novel Alun Samudra Rasa karya Ardini Pangastuti Bn. Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mendeskripsikan pemanfaatan dan pemilihan aspek-aspek bunyi dalam novel Alun Samudra Rasa karya Ardini Pangastuti Bn, (2) mendeskripsikan diksi atau pemilihan kosakata dalam novel Alun Samudra Rasa karya Ardini Pangastuti Bn, (3) mendeskripsikan penggunaan gaya bahasa dalam novel Alun Samudra Rasa karya Ardini Pangastuti Bn, (4) mendeskripsikan aspek pencitraan dalam novel Alun Samudra Rasa karya Ardini Pangastuti Bn. Landasan teori yang digunakan adalah pengertian stilistika, pengulangan bunyi, diksi, gaya bahasa, aspek pencitraan, Ardini Pangastuti Bn dan karyanya, serta pengertian novel.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualiatatif. Data penelitian ini adalah data tulis berupa tuturan baik yang dinarasikan oleh pengarang maupun dialog antarpelaku, yang di dalamnya terdapat aspek stilistika seperti: pemanfaatan dan pemilihan aspek bunyi, diksi atau pemilihan kosakata, penggunaan gaya bahasa, dan aspek pencitraan yang diambil dari novel Alun Samudra Rasa karya Ardini Pangastuti Bn. Pengumpulan data dilakukan dengan metode simak dengan teknik catat. Metode distribusional digunakan untuk menganalisis aspek bunyi dan diksi dengan teknik dasar bagi unsur langsung atau BUL. Metode padan digunakan untuk menganalisis gaya bahasa dan aspek pencitraan dengan teknik pilah unsur penentu atau PUP. Adapun metode penyajian hasil analisis data menggunakan metode formal dan informal.
Hasil analisis data dapat disimpulkan, yaitu (1) Pemanfaatan dan pemilihan aspek-aspek bunyi dalam NASR karya APBn, ditemukan adanya penggunaan asonansi, aliterasi, dan purwakanthi lumaksita, (2) kekhasan diksi atau pemilihan kosakata yang sering digunakan pengarang adalah bentuk kata berwujud infiks {–um-}, dan {–in-}ditemukan dengan persentase 17,3% (39 data), (3) dominasi gaya bahasa yang sering digunakan pengarang adalah gaya bahasa simile ditemukan dengan persentase 18,3% (13 data), (4) aspek pencitraan yang sering digunakan pengarang adalah citra penglihatan ditemukan dengan persentase 62,5% (35 data).
Kata Kunci : Alun Samudra Rasa, Ardini Pangastuti Bn, stilistika, diksi, gaya bahasa, pencitraan.