Abstrak


Desain Interior Pusat Es Krim Dengan Konsep American Saloon di Surakarta


Oleh :
Esthi Hayuwati - C0809015 - Fak. Seni Rupa dan Desain

Saat ini produk es krim mulai banyak diminati oleh masyarakat Surakarta. Hal ini ditandai dengan semakin banyak gerai atau café yang menyediakan produk es krim di Surakarta. Tempat yang menjual es krim di Surakarta kebanyakan berupa stand kecil atau pada restoran/café yang menjual es krim sebagai makanan penutup. Adanya peluang usaha es krim serta masih minimnya tempat rekreasi yang khusus menyediakan es krim di Surakarta mendorong di desainnya sebuah “pusat es krim”.
Pusat es krim merupakan fasilitas lengkap yang mewadahi kebutuhan mengenai es krim. Pusat es krim menyediakan berbagai produk es krim sebagai produk utama yang dijual, dengan fasilitas tempat makan, tempat belajar membuat es krim, sekaligus sebagai sarana mengenalkan produk es krim. Tujuannya adalah agar masyarakat lebih mengenal produk es krim mulai dari jenis es krim, perkembangannya, sejarah, hingga manfaatnya sambil bersantai menikmati es krim. Fasilitas “pusat es krim” di Surakarta diharapkan dapat berkontribusi dalam pengembangan potensi daerah yaitu berhubungan dengan daerah Surakarta yang letaknya berdekatan dengan Boyolali sebagai penghasil susu, dimana susu merupakan salah satu bahan utama pembuatan es krim. Fasilitas “pusat es krim” di Surakarta juga diharapkan dapat menambah apresiasi masyarakat mengenai produk es krim serta menambah fasilitas rekreasi di Surakarta.
Fasilitas “pusat es krim” mengaplikasikan desain dengan pendekatan sejarah dengan ide gagasan American saloon yang dipilih berdasarkan keunikan serta sebagai penanda sejarah perkembangan es krim, dimana es krim dahulu pernah diperjual belikan di sebuah saloon di Amerika. Ide gagasan ini diaplikasikan pada interiornya mulai dari sistem interior, elemen pembentuk ruang, elemen pengisi ruang, hubungan antar ruang, floor plan, layout, ceiling plan, suasana ruang, pengorganisasian ruang yang mengacu pada data literatur dan tinjauan lapangan serta mempertimbangkan unsur desain dan prinsip desain.
Kata kunci : Desain interior, Pusat es krim, American saloon, Surakarta