Abstrak


Pengaruh Good Corporate Governanceterhadappengungkapan Corporate Social Responsibility Pada Perusahaan Pertambangango-Publicdi Indonesia


Oleh :
Joko Widodo - F.0309035 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

Penelitian ini bertujuan untuk  menguji pengaruh karaketristik  Corporate Governance  terhadap  pengungkapan  tanggung jawab sosial di dalam perusahaan pertambangan. Pengungkapan   tanggung jawab sosial perusahaan menggunakan indikator GRI (Global Reporting Initiatives) yang terdiri dari enam kategori yaitu ekonomi, lingkungan, praktek tenaga kerja dan pekerjaan yang layak, hak asasi manusia, masyarakat, dan tanggung jawab produk.  Karakteristik Corporate Governance yang digunakan antara lain adalah ukuran Dewan Komisaris, proporsi Dewan Komisaris independen, dan ukuran Komite Audit. 

Populasi penelitian ini adalah perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) . Pemilihan sampel penelitian ini menggunakan metode  purposive sampling. Alat analisis untuk menguji hipotesis yaitu analisis  regresi berganda dengan menggunakan program SPSS.

Hasil penelitian ini menunjukkan  bahwa  Komite Audit dan Profitabilitas   berpengaruh signifikan terhadap luas pengungkapan CSR.                                       

Kata kunci:  CSR, Corporate Governance, Dewan Komisaris, Komisaris Independen, Komite Audit, Profitabilitas.