Abstrak


Hubungan Beban Kerja Dengan Kelelahan Kerja Pada Pekerja Pemetik Daun Teh di Perkebunan Teh Kemuning Karangayar


Oleh :
Eka Wahyuning Harjanti - R.02121012 - Fak. Kedokteran

Latar Belakang : Tenaga kerja di Perkebunan teh Kemuning Karanganyar bekerja dengan memetik daun teh setiap hari dan bekerja selama 6 jam pemetik harus menggendong hasil petikan daun the, dalam satu hari pemetik dapat mengumpulkan sebanyak 25 - 40 kg daun teh dan secara terus menerus tubuhnya menopang daun teh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan beban kerja dengan kelelehan kerja pada pekerja pemetik daun teh diperkebunan teh kemuning karanganyar.

Metode : Jenis penelitian ini menggunakan observasional analitik dengan pendekatan Cross Sectional. Teknik sampling dalam penelitian ini menggunakan simple Random Sampling dengan populasi 60 pekerja, jumlah sample minimal yang digunakan sebagai responden sebanyak 32 pekerja pemetik daun teh.

Hasil : Uji statistik pada penelitian ini menggunakan Korelasi Pearson diketahui bahwa nilai p = 0.001 (p < 0.05) dan r = 0.687 artinya ada hubungan yang signifikan antara beban kerja dengan kelelahan kerja pada pekerja Pemetik daun teh diperkebunan teh kemuning karanganyar.

Simpulan : Terdapat hubungan yang signifikan antara beban kerja dengan kelelahan pada pekerja pemetik daun teh di perkebunan teh Kemuning Karanganyar.

Saran : Perlu adanya perbaikan terhadap alat penampung daun teh (gendongan) yang dipakai oleh pemetik untuk menampung daun teh dari penggunaan kain seadanya (karung) yang hanya menopang pada satu pundak diganti dengan keranjang yang dapat menopang dua pundak agar lebih ringan dan seimbang.

Kunci : Beban Kerja, Kelelahan Kerja, Pemetik Daun Teh