Abstrak


Penerapan Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) Untuk Meningkatkan Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Pecahan Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Karangasem I Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016


Oleh :
Putri Dewi Andriani - K7112187 - Fak. KIP

ABSTRAK 

Putri Dewi Andriani. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA PECAHAN PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI KARANGASEM I SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi, Surakarta. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Juni 2016.

                  Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal cerita pecahan melalui penerapan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) pada siswa kelas IV SD Negeri Karangasem I Surakarta tahun ajaran 2015/2016. Kemampan yang ditingkatkan khususnya dalam operasi hitung penjumlahan dan pengurangan saja.

                  Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan model siklus. Penelitian ini dilaksanaan selama tiga siklus yang tiap siklusnya terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri Karangasem I Surakarta tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 41 siswa. Untuk pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes dan kajian dokumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif dan deskriptif komparatif analisis kritis. Teknik validitas data yang digunakan adalah validitas isi dan triangulasi.

                  Berdasarkan kriteria ketuntasan minimal ≥75, pada kondisi awal sebelum diterapkan tindakan ketuntasan siswa sebesar 39,02%; pada siklus I ketuntasan siswa meningkat menjadi 68,29%; pada siklus II meningkat menjadi 80,49%; dan pada siklus III meningkat menjadi 92,68%. Simpulan penelitian ini menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) dapat meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal cerita pecahan pada siswa kelas IV SD Negeri Karangasem I Surakarta tahun ajaran 2015/2016.

Kata kunci: Think Talk Write (TTW), soal cerita, pecahan