;

Abstrak


Faktor-faktor yang berhubungan dengan kinerja dan kepuasan kerja pegawai rumah sakit


Oleh :
Sholichan Badri - S021308079 - Sekolah Pascasarjana

Latar belakang: Sumber daya manusia merupakan aset paling penting untuk pengembangan layanan rumah sakit. Pegawai akan memberikan kinerja yang optimal jika memperoleh kepuasaan dalam bekerja. Rumah sakit harus mampu memenuhi standar pelayanaan kesehatan dengan mengoptimalkan kinerja pegawainya. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis faktor-faktor yangberhubungan dengan kinerja dan kepuasaan kerja yaitu kesempatan bekerja sesuai kemampuan, keamanaan kerja, upah, hubungan dengan pimpinan, dan hubungan dengan rekan kerja. 
Subjek dan Metode: Penelitian ini merupakan penelitian observasi analitik dengan rancangan penelitian cross sectional. Penelitian dilakukan di RS PKU Muhammadiyah Delanggu. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportional random sampling dengan sampel sebanyak 76 pegawai. Analisis data dilakukan dengan uji regresi linear berganda dengan taraf signifikansi 0.05. 
Hasil: Hasil penelitian dengan variabel dependen kepuasaan kerja didapatkan Adjusted R2 = 63.7% dengan nilai p < 0.001 dan variabel dependen kinerja didapatkan Adjusted R2 = 55.9% dengan nilai p < 0.001. 
Kesimpulan: Hubungan antara kesempatan bekerja sesuai kemampuan, keamanaan kerja, upah, hubungan dengan pimpinan, dan hubungan dengan rekan kerja berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja dan kepuasaan kerja pegawai rumah sakit. 
Kata kunci : Kinerja pegawai, kepuasaan kerja, rumah sakit