;

Abstrak


Good corporate governance dan nilai perusahaan (studi pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di bei)


Oleh :
Sitti Mukarromah - S411308034 - Sekolah Pascasarjana

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh Good Corporate Governance (GCG) terhadap nilai perusahaan pada perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2009-2013. Good Corporate Governance (GCG) yang diproksikan dengan Ukuran Dewan Direksi, Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional, Ukuran Komite Audit dan Proporsi Komisaris Independen. Sedangkan nilai perusahaan diukur dengan menggunakan rasio Tobin’s Q. Serta penambahan pengaruh variabel kontrol yang diproksikan dengan firm size, ratio R & D expenditures/sales, ratio capital expenditures/assets, ratio property-plants-equipment/sales, growth, ratio EBIT/sales dan leverage. 
Pemilihan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling dan terpilih 110 perusahaan. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi data panel dengan software EViews versi 8.1. 
Hasil penelitian menunjukkan Good Corporate Governance (GCG) secara simultan berpengaruh terhadap nilai perusahaan sebesar 7,24% dan sisanya dijelaskan oleh faktor lain di luar penelitian. Kondisi demikian dikarenakan respon pasar terhadap implementasi good corporate governance tidak bisa secara langsung, akan tetapi membutuhkan waktu. 
Kata Kunci : Good Corporate Governance, Nilai Perusahaan, Tobin’s Q