Abstrak


Pengaruh penerapan model pembelajaran analisis dilema moral terhadap sikap peduli sosial siswa pada kompetensi dasar menampilkan sikap positif terhadap pancasila dalam kehidupan bermasyarakat (Studi pada Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 3 Grogol Sukoharjo Tahun 2016)


Oleh :
Muh. Auliya Setiawan - K6412044 - Fak. KIP

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara penerapan model pembelajaran analisis dilema moral terhadap sikap peduli sosial siswa pada kompetensi dasar menampilkan sikap positif terhadap Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat di SMP Negeri 3 Grogol Sukoharjo Tahun Ajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen kuantitatif. Penelitian ini menggunakan bentuk Posttest Only Control Design. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Grogol, Sukoharjo, dengan jumlah murid keseluruhan 250 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Cluster Random Sampling dan diperoleh sampel sejumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan angket. Uji persyaratan analisis dalam penelitian ini menggunakan uji linieritas, dan uji independen. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi product moment. 
Berdasarkan hasil analisis data penelitian diperoleh bahwa nilai rxy adalah 0,414.Hasil tersebut kemudian dikonsultasikan dengan nilai rtabel  dengan N = 30 dan taraf signifikansi 5% diperoleh sebesar rtabel = 0,361, sehingga rhitung > rtabel yaitu 0,414 > 0,361 yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan kata lain ada pengaruh antara variabel X dengan variabel Y. Adapun untuk besaran sumbangan diperoleh besaran sumbangan determinan sebesar 17%. Artinya 17% sikap peduli sosial siswa sikap peduli sosial siswa dipengaruhi oleh penerapan model pembelajaran analisis dilema moral.  Persamaan garis regresi linier diperoleh persamaan Y ?= a + bX yaitu Y ?= 64,103 + 0,5997 X.
Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran analisis dilema moral berpengaruh positif terhadap sikap peduli sosial siswa kelas VIII  di SMP Negeri 3 Grogol Sukoharjo Tahun Ajaran 2015/2016 pada kompetensi dasar menampilkan sikap positif terhadap Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat. Adapun besaran sumbangan pengaruh model pembelajaran analisis dilema moral terhadap peningkatan sikap peduli sosial siswa kelas VIII  di SMP Negeri 3 Grogol Sukoharjo Tahun Ajaran 2015/2016 adalah sebesar 17%. 
Kata Kunci : Model pembelajaran, Analisis dilema moral, Sikap peduli sosial