;

Abstrak


Proses visual desain grafis dan strategi komunikasi pemasaran majalah industri kreatif byarr


Oleh :
Sigied Himawan Yudhanto - S011408002 - Sekolah Pascasarjana

Majalah adalah media terbitan berkala yang isinya berbagai liputan tentang topik aktual yang bersifat informatif. Majalah adalah media cetak yang bertujuan sebagai wadah publikasi yang umum di temukan disekitar kita, sehingga telah menjadi bagian dari produk budaya populer (pop culture) masa kini. 
Majalah Byarr yang dirancang akan menjadi prototype/Starup dalam menjalankan usaha di bidang industri kreatif yaitu fokus pada perancangan dan penerbitan. Manajemen dalam majalah Byarr akan menjalankan skema bisnis secara umum yang dapat ditemui pada bisnis majalah yang lain, yang bertujuan bagaimana bisa menghasilkan profit dari pembuatan majalah Byarr lewat perancangan bussinees plan untuk menentukan komunikasi pemasaran yang efektif. majalah Byarr secara spesifik akan akan membahas isu-isu seputar industri kreatif di Indonesia, sedang pada aspek teknis pembuatan majalah, dalam suatu majalah terkandung banyak elemen – elemen grafis seperti gambar, tipografi, warna, ilustrasi dan elemen lainnya yang dimana hal itu untuk memperindah isi majalah dan untuk menarik perhatian masyarakat untuk membacanya. 
Perancangan majalah Byarr menggunakan dua proses pendekatan, yang pertama pra produksi dan produksi masuk dalam model pertama dan fase pra produksi masuk dalam proses kedua. urutan kedua proses tersebut adalah model Pertama/ pra produksi-produksi membuat/mendisain cover majalah mendesain konten majalah finalisasi majalah. Proses pertama tidak lepas dari the design process yang melibatkan aktivitas define problem, collect information, brain strom analysis/ideas, improve design, present ideas to get feedback dan terakhir develope solution serta metode kualitatif dan kuantitatif. proses kedua/ Pasca produksi branding majalah Byarr aspek komunikasi Perancangan business plan dan implementasi 5W+1H dan analisa SWOT. 
Majalah Byarr yang telah melalui proses perancangan desain grafis telah menjadi satu kesatuan majalah yang secara estetis berfungsi sebagai packaging atau kemasan dari sebuah media yang berisi konten tentang industri kreatif di Indonesia. Strategi komunikasi pemasaran masih menggunakan dual metode yaitu model pemasaran konvensional dan pemasaran digital. Ke-dua model tersebut di rumuskan dengan pembuatan bussines plan yang berisi analisis 5W+1H dan analisis SWOT. Bussines plan majalah Byarr akan menjadi modul panduan dalam melakukan aktivasi majalah Byarr kepada publik, baik di ranah offline maupun online. Hal tersebut dapat menjadi unsur novelty dari majalah Byarr. 
Kata kunci: majalah, kreatif, desain grafis, pemasaran, marketing, komunikasi. Industri, bussines plan.