;

Abstrak


Kajian implementasi kapitasi berbasis komitmen pelayanan jaminan kesehatan nasional di kota Surakarta


Oleh :
Dimar Siswi Utami - KedokteranKeluarga - Sekolah Pascasarjana

Jaminan Kesehatan adalah jaminan berupa perlindungan kesehatan agar peserta memperoleh manfaat pemeliharaan kesehatan dan perlindungan dalam memenuhi kebutuhan dasar kesehatan yang diberikan kepada setiap orang yang telah membayar iuran atau iurannya dibayar oleh pemerintah. Sesuai Peta Jalan DJSN dalam pelaksanaan SJSN Bidang Kesehatan dilakukan pengembangan pembayaran berbasis kinerja. Kapitasi berbasis pemenuhan komitmen pelayanan adalah penyesuaian besaran tarif kapitasi berdasarkan hasil penilaian pencapaian indikator pelayanan kesehatan FKTP dalam rangka peningkatan mutu pelayanan. Efektivitas dana kapitasi dalam meningkatkan mutu layanan masih rendah dan perubahan kualitas layanan puskesmas secara keseluruhan belum terlihat secara nyata.Tujuan penelitian ini mengkaji Implementasi Kapitasi Berbasis Komitmen Pelayanan Jaminan Kesehatan Nasional di Kota Surakarta 
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam, observasi dan kajian dokumen. Informan penelitian ini 6 Pegawai Puskesmas, 2 masyarakat, Ketua Tim JKN Dinas Kesehatan Kota Surakarta dan Kepala Unit MPKP BPJS Cabang Surakarta. Analisa data dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. 
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pemahaman Pelaksana dalam Kebijakan Kapitasi Berbasis Komitmen PelayananJaminan Kesehatan Nasional di Puskesmas sebagian besar sudah paham namun masih mempunyai pemahaman yang berbeda-beda. Proses pelayanan sangat dipengaruhi oleh ketersediaan dan kepatuhan pada standar pelayanan, perilaku tenaga kesehatan yang melayani, kecukupan perbekalan kesehatan (suplai obat dan alat kesehatan). Proses pembayaran kapitasi dari BPJS ke FKTP berjalan dengan lancar, Kepuasan Pelaksana dan pengguna dalam Implementasi Kapitasi Berbasis Komitmen Pelayanan Jaminan Kesehatan Nasional, sebagian besar informan belum puas dikarenakan masih ditemukan permasalahan dalam pelaksanaannya. 
Perlu mengoptimalkan koordinasi dan sosialisasi terkait dengan Implementasi Kapitasi Berbasis Komitmen Pelayanan Jaminan Kesehatan Nasional oleh stakeholder dan BPJS Kesehatan. 
Kata Kunci: Kapitasi, JKN