Abstrak


Aktivitas Media Relations Humas Polresta Surakarta


Oleh :
Hairul Amin - D1613029 - Fak. ISIP

ABSTRAK

Hairul Amin, D1613029, Hubungan Masyarakat, Aktivitas Media Relations Humas Polresta Surakarta

Public Relations/Humas adalah komponen penting untuk membentuk citra dan image dalam suatu instansi atau perusahaan. Begitu halnya dengan Humas Polresta Surakarta yang mempunyai tugas penting dalam membangun citra Instansi Polresta Surakarta. Penulis memilih tempat Kuliah Kerja Media (KKM) di Polresta Surakarta karena keingintahuan tentang Instansi Kepolisian khususnya bidang public relations di Humas Polresta Surakarta. Selain hal tersebut penulis juga berharap mendapatkan relasi dari pihak Kepolisian Polresta Surakarta sehingga penulis mendapatkan banyak peningkatan pengetahuan dan pengalaman diperoleh selama Kuliah Kerja Media (KKM). Dalam pelaksanaan dan kegiatannya penulis dapat belajar tugas-tugas dan kegiatan Polresta Surakarta. Selama magang di Polresta Surakarta penulis mendapatkan banyak ilmu dan pengalaman tentang Kepolisian, terutama dalam bidang Humas Kepolisian. Dalam melaksanakan tugas dan kegiatannya penulis mendapatkan bimbingan  dari pembimbing instansi. Sehingga dalam prakteknya penulis mengikuti pengarahan dari pembimbing, agar dalam melaksanakan kegiatannya tidak mengalami kendala bahkan sampai mengalami kesalahan.

Dalam penulisan tugas akhir ini penulis mengambil judul tentang “Aktivitas Media Relations Humas Polresta Surakarta”. Alasan penulis mengambil tema ini karena hal tersebut merupakan tugas dan kegiatan yang banyak dilakukan oleh penulis selama belajar di Humas Polresta Surakarta. Beberapa tugas dan kegiatan tersebut selalu berhubungan dengan pihak pers/media. Dan terbukti Instansi Kepolisian Polresta Surakarta tidak dapat terpisahkan dari media/pers dalam pelaksanaan tugas dan kegiatannya. Sehingga dari pengalaman belajar penulis dan laporan yang dibuat dapat bermanfaat kepada berbagai pihak terutama kepada penulis yang tujuan utamanya dapat menjadikan pengalaman di dunia kerja yang sesungguhnya di bidang Public Relations/Kehumasan di Instansi Negara yaitu Kepolisian Republik Indonesia.

Setelah melaksanakan Kuliah Kerja Media (KKM) penulis bertanggungjawab untuk membuat laporan tugas akhir dari apa yang telah didapatkan selama magang. Dan penulisan tugas akhir merupakan tugas terakhir yang harus dilaksanakan penulis sebelum lulus dari Program Diploma III Komunikasi Terapan FISIP UNS. Selama magang penulis sampai penyusunan tugas akhir penulis mengalami suka dan duka, tetapi dari hal tersebut penulis mendapatkan pembelajaran dan hikmah yang luar biasa. Dan semua yang dialami penulis akan bermanfaat kedepannya yaitu setelah penulis lulus bahkan apabila pada saat bekerja nanti. Sehingga tujuan dari terselenggaranya Kuliah Kerja Media (KKM) dapat terwujud dengan baik. (kata

Kata kunci: aktivitas media relations humas polresta surakarta)