Abstrak


Pengaruh Model Pembelajaran Mastery Learning Terhadap Penguasaan Kompetensi Dasar Mengaktualisasikan Kemerdekaan Mengemukakan Pendapat Secara Bebas Dan Bertanggung Jawab


Oleh :
Arrum Mabrurriyah - K6412013 - Fak. KIP

ABSTRAK

 

Arrum Mabrurriyah. K6412013. PENGARUH MODEL MASTERY LEARNING TERHADAP PENGUASAAN KOMPETENSI DASAR MENGAKTUALISASIKAN KEMERDEKAAN MENGEMUKAKAN PENDAPAT SECARA BEBAS DAN BERTANGGUNG JAWAB (STUDI DI KELAS VII SMP NEGERI 14 SURAKARTA). Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juli 2016.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model Mastery Learning terhadap penguasaan kompetensi dasar mengaktualisasikan kemerdekaan mengemukakan pendapat secara bebas dan bertanggung jawab pada kelas VII SMP Negeri 14 Surakarta.

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 14 Surakarta tahun ajaran 2015/2016. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 62 siswa, 31 siswa sebagai kelompok eksperimen dan 31 siswa sebagai kelompok kontrol. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah angket, lembar observasi, dan dokumentasi. Uji ketepatan dan kesahihan angket penguasaan kompetensi dasar mengaktualisasikan kemerdekaan mengemukakan pendapat secara bebas dan bertanggung jawab digunakan uji validitas dan reliabilitas. Validitas yang digunakan adalah validitas konstruk. Adapun untuk menghitung valid atau tidaknya pernyataan angket digunakan rumus korelasi product moment yang dikemukakan oleh Pearson. Sedangkan reliabilitas yang digunakan dalam penelitian ini adalah reliabilitas dengan rumus Alpha. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis regresi satu prediktor.

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan ada pengaruh yang signifikan antara penerapan model Mastery Learning (X) dan penguasaan kompetensi dasar mengaktualisasikan kemerdekaan mengemukakan pendapat secara bebas dan bertanggung jawab (Y). Hal ini dibuktikan dengan hasil analisis data diperoleh nilai rxy = 0,980 dengan N = 31 dan taraf signifikansi 5% serta rtabel 0,355. Sehingga rhitung (0,980) ≥ rtabel (0,355), jadi disimpulkan ada pengaruh antara variabel X dan variabel Y. Besarnya pengaruh atau sumbangan model Mastery Learning  terhadap penguasaan kompetensi dasar mengaktualisasikan kemerdekaan mengemukakan pendapat secara bebas dan bertanggung jawab sebesar 91%. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan model Mastery Learning terhadap penguasaan kompetensi dasar mengaktualisasikan kemerdekaan mengemukakan pendapat secara bebas dan bertanggung jawab pada kelas VII SMP Negeri 14 Surakarta tahun ajaran 2015/2016.

Kata Kunci: model pembelajaran, Mastery Learning, penguasaan, kompetensi dasar.