Abstrak


Pemanfaatan barang bekas dalam peningkatan kreativitas pada mata pelajaran sbk dengan model mid siswa kelas v sd negeri 2 Karangpoh tahun ajaran 2015/2016


Oleh :
Nur Laeli Maftukhah - K7112173 - Fak. KIP

Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan pelaksanaan pemanfaatan barang bekas sebagai media pembelajaran, (2) meningkatkan kreativitas siswa dengan memanfaatkan barang bekas, (3) mendeskripsikan kendala dan solusi pembelajaran dengan memanfaatkan barang bekas. 
Penelitian tindakan kelas (PTK) kolaboratif ini dilaksanakan dalam dua siklus yang terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN 2 Karangpoh yang berjumlah 35 siswa. Sumber data dari penelitian ini adalah siswa, guru, dan observer. Teknik pengumpulan data melalui tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Validitas data menggunakan teknik triangulasi sumber dan teknik pengumpulan data. Analisis data terdiri dari reduksi, penyajian data, verifikasi data dan penarikan kesimpulan. 
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) langkah pemanfaatan barang bekas sebagai media pembelajaran pada siswa kelas V SDN 2 Karangpoh tahun ajaran 2015/ 2016 yaitu: (a) menggunakan barang bekas yang ada di lingkungan sekitar siswa, (b) melakukan evaluasi untuk mengetahui kemampuan awal siswa, (c) penggunaan media yang menarik perhatian dan minat siswa, (d) merangsang siswa untuk berpikir kritis, (e) memberikan pengetahuan awal, (f) ciptakan suasana yang menyenangkan, (2) Pemanfaatan barang bekas sebagai media pembelajaran dapat meningkatkan kreativitas siswa. (3) Kendala yang ditemui yaitu: (a) siswa masih malu dan ragu, (b) rangsangan yang diberikan masih kurang membuat siswa aktif dalam pembelajaran, (c) guru kurang memberi motivasi kepada siswa., (d) jumlah siswa terlalu banyak, (e) Siswa masih menjiplak karya siswa yang lain, (f) Siswa kurang kondusif pada saat membuat karya seni, dan (g) Beberapa siswa yang kurang aktif ketika diminta untuk berdiskusi. Solusi untuk kendala tersebut adalah (a) Guru memberi pertanyaan pancingan untuk menumbuhkan percaya diri siswa, (b) Rangsangan yang diberikan lebih bervariasi dan mencakup kehidupan sekitar siswa, (c) Guru sebaiknya memberikan motivasi seperti reward kepada siswa yang mampu menjawab pertanyaan, (d) Guru lebih mengenal karakteristik siswa dan menambah pengalaman, (e) Contoh karya seni yang dapat dibuat diperbanyak untuk menambah wawasan siswa, (f) Siswa dibagi menjadi kelompok kecil sehingga mudah mengatur siswa, dan (g) Guru berkeliling kelas dan memancing siswa yang kurang aktif tersebut. 
Kesimpulan penelitian ini adalah pemanfaatan barang bekas sebagai media pembelajaran meningktakan kreativitas siswa kelas V SDN 2 Karangpoh tahun ajaran 2015/ 2016. 
Kata kunci: kreativitas, barang bekas, SBK