;

Abstrak


Pengaruh Pemberian Suplementasi Vitamin C Terhadap Peningkatan Glasgow Coma Scale (GCS) pada Pasien Cedera Otak


Oleh :
Vivi Sudjana - S5308090015 - Sekolah Pascasarjana

Latar Belakang :Trauma kepala dapat menyebabkan gangguan fisik dan mental yang kompleks. Gangguan yang ditimbulkan dapat bersifat sementara maupun menetap, seperti defisit kognitif, psikis, intelektual, serta gangguan fungsi fisiologis lainnya. Vitamin C merupakan pompa Na/K ATP-dependent dalam sistem saraf pusat pada epitelial dan sel membran neuronal. Penurunan Glasgow Coma Scale (GCS) pada kasus cedera otak dipengaruhi oleh banyak faktor antara lain : hipoksi, peningkatan asam glutamat, peningkatan serotonin, penurunan kadar vitamin C plasma, kegagalan pompa Na/K ATP-dependent, dan lain-lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efek pemberian suplementasi vitamin C terhadap peningkatan kadar vitamin C plasma dan GCS pada cedera otak.
Metode : Penelitian ini merupakan penelitian analitik eksperimental kuasi dengan pendekatan uji klinis pre and post test control group design. Subjek dibagi ke dalam 2 kelompok yang terdiri 1 kelompok perlakuan injeksi vitamin C 2 gram dan 1 kelompok kontrol. Setiap kelompok terdiri 11 orang. Seluruh subjek penelitian dilakukan pemeriksaan kadar vitamin C plasma dan GCS pada awal kedatangan, kemudian dilakukan ulang pemeriksaan kadar vitamin C plasma dan GCS setelah 24 jam. Data dianalisis melalui nilai rata-rata (mean), standar deviasi (mean ± SD) dan uji normalitas dilanjutkan dengan uji Mann Whitney.
Hasil : Ada peningkatan kadar vitamin C plasma pada kelompok perlakuan vitamin C dibandingkan dengan kelompok kontrol setelah pemberian suplementasi vitamin C 2 gram secara injeksi intra vena (p=0,047) pada pasien cedera otak (p<0,05). Ada peningkatan Glasgow Coma Scale (GCS) pada kelompok perlakuan vitamin C dibandingkan dengan kelompok kontrol setelah pemberian suplementasi vitamin C 2 gram secara injeksi intra vena (p=0,023) pada pasien cedera otak (p<0,05). Simpulan : Pasien cedera otak pada penelitian ini memiliki kadar vitamin C plasma yang lebih rendah dari normal. Suplementasi vitamin C dapat meningkatkan kadar vitamin C plasma dan Glasgow Coma Scale (GCS).
Kata kunci : Cedera Otak, Kadar Vitamin C Plasma, Vitamin C, GCS.