Abstrak


Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Melalui Teknik Pembelajaran Make A Match Pada Anak Kelompok A TK Masyitoh IV Surakarta


Oleh :
Dewi Praja Ningrum - K8112018 - Fak. KIP

ABSTRAKĀ 

Dewi Praja Ningrum. UPAYA MENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN MELALUI TEKNIK PEMBELAJARAN MAKE A MATCH PADA ANAK KELOMPOK A TK MASYITOH IV SURAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan melalui teknik pembelajaran Make A Match pada anak kelompok A TK Masyitoh IV Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah anak kelompok kelompok A Masyitoh IV Surakarta yang berjumlah 19 anak. Sumber data berasal dari guru dan anak. Teknik pengumpulan data yang di gunakan berupa observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes unjuk kerja. Validitas data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui teknik pembelajaran Make A Match dapat meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan anak kelompok A TK Masyitoh IV Surakarta dari prasiklus ke siklus I, dan dari siklus I ke siklus II. Ketuntasan anak secara klasikal dalam mengenal konsep bilangan pada prasiklus adalah sebesar 42,10% atau 8 anak yang mencapai kriteria tuntas. Peningkatan terjadi pada siklus I yaitu 63,15% atau 12 anak mencapai kriteria tuntas dalam mengenal konsep bilangan. Dilanjutkan ke siklus II ketuntasan anak secara klasikal dalam mengenal konsep bilangan meningkat menjadi 84,21% atau 16 anak mencapai kriteria tuntas.

Simpulan penelitian ini adalah melalui teknik pembelajaran Make A Match dapat meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak kelompok A TK Masyitoh IV Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016.

Kata Kunci: konsep bilangan, teknik Make A Match.