Abstrak


Penerapan Alat Bantu Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tendngan Pencak Silat pada Peserta Didik Kelas Xi Mipa 5 SMA Negeri 1 Kartasura Tahun Ajaran 2017/2018


Oleh :
Sri Rahayu - K4614086 - Fak. KIP

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar tendangan pencak silat dengan penerapan alat bantu pembelajaran pada peserta didik kelas XI MIPA 5 SMA Negeri 1 Kartasura tahun ajaran 2017/2018.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek dalam Penelitian Tindakan Kelas ini adalah peserta didik kelas XI MIPA 5 SMA Negeri 1 Kartasura yang berjumlah 38 peserta didik terdiri dari 12 peserta didik putra dan 26 peserta didik putri. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari peserta didik, peneliti dan guru yang bertindak sebagai kolabolator. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi.
Hasil analisis penelitin pada Siklus I diperoleh hasil belajar sebesar 9 peserta didik (24%) mencapai kriteria tuntas pada aspek kognitif, aspek psikomotor sebesar 28 Peserta didik (74%) mencapai kriteria tuntas pada tendangan depan baik kanan maupun kiri dan 26 peserta didik (68%) mencapai kriteria tuntas pada tendangan samping baik samping kanan maupun samping kiri, sedangkan pada aspek afektif 2 peserta didik (5%) mendapat kategori amat baik (AB), 33 peserta didik (87%) mendapat kategori baik (B), 3 peserta didik (8%) mendapat kategori cukup (C). Pada Siklus II diperoleh hasil belajar sebesar 36 peserta didik (95%) mencapai kriteria tuntas pada aspek kognitif, aspek psikomotor sebesar 34npeserta didik (89%) mencapai kriteria tuntas pada tendangan depan baik kiri maupun kanan dan 33 peserta didik (87%) mencapai kriteria tuntas pada tendangan samping baik kanan maupun kiri, sedangkan pada aspek afektif sebesar 5 peserta didik (15%) mendapat kategori amat baik (AB), dan 33 peserta didik (87%) mendapat kategori baik (B).
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh simpulan bahwa : Penerapanan alat bantu pembelajaran dapat menigkatkan hasil belajar tendangan pencak silat pada peserta didik kelas XI MIPA 5 SMA Negeri 1 Kartasura tahun ajaran 2017/2018.

Kata    Kunci: Hasil   Belajar, Tendangan Pencak Silat, Alat Bantu Pembelajaran