Abstrak


Makrofauna Permukaan Tanah pada Berbagai Vegetasi di Jalur Pendakian Cemoro Kandang Gunung Lawu


Oleh :
Rochmat Jati Saputro - M0412068 - Fak. MIPA

ABSTRAK

Jalur pendakian Cemoro Kandang Gunung Lawu memiliki ekosistem hutan yang baik namun telah mengalami perubahan kondisi ekosistem disebabkan oleh faktor alam maupun faktor manusia. Kehadiran makrofauna permukaan tanah pada ekosistem dapat digunakan sebagai bioindikator kondisi tanah dan perubahan kondisi lingkungan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui kondisi lingkungan, vegetasi dan diversitas makrofauna permukaan tanah serta mengetahui hubungan antara kondisi lingkungan dan vegetasi dengan keanekaragaman makrofauna permukaan tanah di jalur pendakian Cemoro Kandang Gunung Lawu Kabupaten Karanganyar.
Penelitian dilaksanakan pada bulan Maret - Juli 2017. Stasiun penelitian ditentukan pada 4 lokasi dengan variasi ketinggian dan vegetasi di Jalur Pendakian Cemoro Kandang. Metode penentuan stasiun penelitian yaitu purposive random sampling, sedangkan pengambilan makrofauna permukaan tanah menggunakan metode pit fall trap dan hand collecting. Analisis data vegetasi meliputi Densitas, Frekuensi, Dominansi, Indeks Nilai Penting, dan Indeks Diversitas. Analisis makrofauna permukaan tanah yaitu analisis deskriptif..
Hasil penelitian menunjukan vegetasi Jalur Pendakian Cemoro Kandang meliputi 26 spesies dari 12 famili dengan indeks diversitas 2,25; 0,15; 1,54; dan 2,18 yang tergolong keragaman rendah hingga sedang. Makrofauna permukaan tanah yang ditemukan pada Jalur Pendakian Cemoro Kandang meliputi 25 spesies dari 6 kelas yang didominasi kelas Insecta. 


Kata Kunci: Cemoro Kandang, Vegetasi, Makrofauna, Pit Fall Trap.