Abstrak


Studi Gelombang Kejut pada Simpang Bersinyal dengan Menggunakan Emp Atas Dasar Analisis Headway (Studi Kasus pada Simpang Bersinyal Jalan Raya Wongiri - Sukoharjo – Jalan Ciu Karangwuni – Jalan Gedongan)


Oleh :
Burhan Ghifari - I0112020 - Fak. Teknik

Simpang bersinyal Jalan Raya Wonogiri-Sukoharj – Jalan Ciu Karangwuni – Jalan Gedongan merupakan salah satu simpang bersinyal 3 fase yang ada di Kabupaten Sukoharjo yang sering mengalami  kemacetan  pada  jam  sibuk,  khususnya  pada  pendekat  simpang  Jalan  Raya Wonogiri-Sukoharjo   Selatan.   Untuk   itu   dilakukan   studi  gelombang   kejut   di  pendekat simpang  Jalan  Raya  Wonogiri-Sukoharjo  Selatan  menggunakan  nilai EMP  dengan  dasar analisis headway.
Penelitian  dilakukan  pada  hari Kamis,  18 Oktober  2018 pada jam puncak pagi jam 05.30-08.00 WIB.  Analisis  Headway    menghasilkan  nilai EMP  MC= 0,45 dan HV= 1,29 yang selanjutnya  nilai tersebut digunakan untuk merubah jumlah kendaraan menjadi satuan mobil penumpang  (smp).    Langkah  selanjutnya  adalah mencari hubungan matematis  antara arus, kecepatan  dan kepadatan  menggunakan  model greenshield, yang menghasilkan kecepatan arus bebas (Sff), kepadatan saat macet (Dj), dan Jumlah kendaraan maksimal (Vm). Hasil- hasil tersebut digunakan untuk menghitung  nilai gelombang kejut.
Analisis   waktu  headway   menghasilkan   nilai  EMP  MC  =  0.45  dan  HV  =  1,29  yang selanjutnya  nilai tersebut digunakan untuk merubah jumlah kendaraan menjadi satuan mobil penumpang (smp). Setelah itu dilakukan perhitungan Gelombang Kejut dengan nilai tertinggi yang terjadi pada pendekat simpang Jl. Raya Wonogiri-Sukoharjo Selatan Lajur Luar dengan nilai ωab= -1,42   km/jam, ωcb= -13,75 km/jam, ωac= 12,15 km/jam. Selanjutnya  dilakukan perbandingan   rata-rata   nilai  uji  validasi  MAPE  panjang  antrian  dan  waktu  penormalan dengan EMP atas dasar analisis headway dengan EMP atas dasar MKJI pada setiap pendekat simpang. Nilai MAPE untuk panjang antrian dengan EMP headway lebih besar sedikit dibandingkan nilai MAPE dengan MKJI yakni 0,72% berbanding dengan 0,49%. Sedangkan nilai  MAPE  untuk  waktu  penormalan  dengan  EMP  headway  lebih  kecil dibanduing  nilai MAPE MKJI yakni 1,59% berbnding 1,94%.