;

Abstrak


Optimalisasi Fungsi Pemerintah Desa dalam Inventarisasi Data Fisik dan Data Yuridis untuk Terwujudnya Pendaftaran Tanah yang Berkeadilan dan Berkepastian Hukum (Studi di Desa Bancangan dan Desa Demangan Kabupaten Ponorogo)


Oleh :
Intan Merdekasari - S351608022 - Sekolah Pascasarjana

Abstrak

Penulisan ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis mengenai fungsi Pemerintah Desa dalam inventarisasi data fisik dan data yuridis dalam mewujudkan pendaftaran tanah  yang berkeadilan dan berkepastian hukum di Desa Bancangan dan Desa Demangan Kabupaten Ponorogo. Fungsi Pemerintah Desa sangat penting dalam pendaftaran tanah karena Pemerintah Desa yang berhak membuat alat bukti permulaan dan alas hak pendaftaran tanah.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian hokum normatif. Penelitian hukum normatif ialah penelitian yang dilakukan dengan cara meneliti bahan pustaka yaitu bahan hukum primer dan bahan hokum sekunder.
Hasil penelitian dalam penulisan ini ialah kurang optimalnya fungsi Pemerintah Desa Bancangan dan Demangan Kabupaten Ponorogo dalam inventarisasi data fisik dan data yuridis pendaftaran tanah karena regulasi mengenai kewenangan pemerintah desa dalam pendaftaran tanah kurang kuat, lemahnya penerapan asas aman, dan kurangnya kesadaran pemerintah desa akan pentingnya peran dan fungsi pemerintah desa yang optimal dalam pendaftaran tanah untuk mewujudkan kepastian hokum dan keadilan.
Pemerintah Desa perlu mengoptimalkan fungsinya dalam menjamin kebenaran data fisik dan data yuridis.Disampingi tu, perbaikan peraturan yang mengatur lebih jelas tentang kewenangan pemerintah desa dan perlunya fungsi pengawasan dari Kantor Pertanahan juga penting guna mengupayakan optimalisasi fungsi pemerintah desa.

Kata Kunci : Pemerintah Desa, Data Fisik, Data Yuridis, Pendaftaran Tanah