Abstrak


Karakteristik Tokoh Baliyah Dalam Komik Laghzu Abu Al-Haul Adz-Dzahabiy Karya ‘Abdul Chami>>D ‘Abdul Maqshu>>D (Kajian Psikologi Sastra)


Oleh :
Qusnul Fauziyyah - C1013044 - Fak. Ilmu Budaya

ABSTRAK
Penelitian ini membahas: (1) Bagaimana struktur komik Laghzu Abu Al-Haul Adz-Dzahabiy berdasarkan teori stuktur komik Burhan Nurgiyantoro; (2) Bagaimana karakteristik tokoh Baliyah dalam komik Laghzu Abu Al-Haul Adz- Dzahabiy berdasarkan Teori Psikologi Sastra Sigmund Freud.

Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui struktur teks dalam komik Arab Laghzu Abu Al-Haul Adz-Dzahabiy dengan menggunakan teori struktur komik Burhan Nurgiyantoro; (2) Mengetahui Karakteristik tokoh Baliyah dalam komik Arab Laghzu Abu Al-Haul Adz-Dzahabiy berdasarkan Teori Psikologi Sastra Sigmund Freud. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif.

Hasil penelitian ini dapat disimpulkan beberapa hal sebagai berikut: Pertama, memperoleh unsur-unsur struktur komik yang membangun komik Laghzu Abu Al-Haul Adz-Dzahabiy yaitu: (1) Penokohan; (2) Alur; (3) Tema dan Moral; (4) Gambar dan Bahasa, yang menunjukkan saling keterkaitan antara unsur satu dengan unsur yang lain. Kedua, diperoleh deskripsi karakteristik tokoh Baliyah dalam komik Laghzu Abu Al-Haul Adz-Dzahabiy  yang ditunjukkan oleh tokoh Baliyah yang memiliki kreatifitas dalam berpikir, serta kepercayaan diri yang tinggi serta kecerobohan yang dimilikinya dengan menggunakan kajian psikologi sastra menurut Sigmud Freud yakni kepribadian manusia atau karakter manusia.

 

Kata Kunci: Komik Laghzu Abu Al-Haul Adz- Dzahabiy, Stuktur komik, Kajian Psikologi Sastra.