Abstrak


Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) dengan Media Google Earth untuk Meningkatkan Keaktivan dan Hasil Belajar Geografi (Kompetensi Dasar Menganalisis Hubungan antara Manusia dengan Lingkungan sebagai Akibat dari Dinamika Hidrosfer di Kelas X IIS 3 SMA N 1 Sukoharjo Tahun Ajaran 2014/2015)


Oleh :
Nurvita Puput Kurniasih - K5411046 - Fak. KIP

Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui peningkatan keaktivan peserta didik (kompetensi dasar menganalisis hubungan antara manusia dengan lingkungan sebagai akibat dari dinamika hidrosfer di kelas X IIS 3 SMA N 1 Sukoharjo tahun ajaran 2014/2015) dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dengan media Google Earth.
2) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik (kompetensi dasar menganalisis hubungan antara manusia dengan lingkungan sebagai akibat dari dinamika hidrosfer di kelas X IIS 3 SMA N 1 Sukoharjo tahun ajaran 2014/2015) dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dengan media Google Earth.
Jenis  penelitian  ini  merupakan  penelitian  tindakan  kelas  (Classroom Action Research). Subyek penelitian adalah peserta didik kelas X IIS 3 SMA N 1 Sukoharjo tahun ajaran 2014/2015 sebanyak 30 peserta didik. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah: observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Validitas instrumen yang digunakan adalah validitas isi dan triangulasi sumber.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dengan media Google Earth dapat meningkatkan keaktivan peserta didik kelas X IIS 3 SMA N 1 Sukoharjo pada kompetensi dasar menganalisis hubungan antara manusia dengan lingkungan sebagai akibat dari dinamika hidrosfer. Hal ini dilihat dari pencapaian keaktivan peserta didik mengalami peningkatan 25,24% dari 65,23% pada siklus I menjadi 90,47% pada siklus II. (2) penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dengan media Google Earth dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas X IIS 3 SMA N 1 Sukoharjo pada kompetensi dasar menganalisis hubungan antara manusia dengan lingkungan sebagai akibat dari dinamika hidrosfer. Perolehan ketuntasan hasil belajar peserta didik meningkat dari 70% pada siklus I menjadi 83,33% peserta didik telah mencapai KKM pada siklus II.