Abstrak


Pemakaian Bahasa dalam Video Blog pada Laman Youtube: Suatu Tinjauan Sosiolinguistik


Oleh :
Fachrudin Mahendra Irawan - C0213023 - Fak. Ilmu Budaya

Abstrak

Perumusan  masalah dalam  penelitian  ini yaitu:  (1) Bagaiaman karakteristik pemakaian bahasa yang digunakan dalam video blog yang berhubungan dengan otomotif di laman Youtube?; (2) Bagaiaman fungsi kebahasaan yang terdapat dalam video blog yang berhubungan dengan otomotif di laman Youtube?; Bagaimana kosakata ciri penentu register yang terdapat dalam video blog yang berhubungan denganotomotif di laman Youtube?
Tujuan penelitian ini yaitu: (1) Mendeskripsikan karakteristik bahasa yang digunakan  dalam  video  blog  yang  berhubungan  dengan  otomotif  di  laman Youtube; (2) Mendeskripsikan fungsi kebahasaan yang digunakan dalam video blog yang berhubungan dengan otomotif di laman Youtube; (3) Mendeskripsikan kosakata penentu register yang digunakan dalam video blog yang berhubungan dengan otomotif di laman Youtube.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan tinjauan sosiolinguistik. Sumber data yang digunakan adalah video blog yang diunggah melalui  laman  Youtube  dengan  nama  siaran   Gofar  Hilman  dengan  tajuk
#sekutomotif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data lisan berupa
tuturan yang dituturkan melalui siaran video blog pada laman Youtube. Metode dan  teknik  pengumpulan  data  dalam  penelitian  ini  adalah  metode  simak  dan teknik catat. Metode yang digunakan adalah metode padan. Metode analisis data menggunakan metode kontekstual yang mengacu pada kerangka kerja komprehensif antara lain: (1) Analisis ciri linguis; (2) Analisis ciri situasional; (3) Analisis  fungsional  dan  konvensional.  Hasil  analisis  data  disajikan  secara informal.
Berdasarkan  pada  analisis  data  maka  dapat  disimpulkan  bahwa  dari analisis karakteristik penggunaan bahasa otomotif, ditemukan ciri khusus dalam video blog yang berhubungan dengan otomotif. Ciri yang ditemukan adalah pemakaian  istilah  asing  dalam  bahasa  Inggris,  hibrida  antara  afiks  bahasa Indonesia dengan kata dasar bahasa Inggris, pemendekan, peristiwa campur kode, serta penggunaan bentuk singkatan. Dari analisis fungsi bahasa terdapat beberapa hal  yang  berhubungan  dengan  otomotif,  yaitu  fungsi  emotif  kecewa,  fungsi konatif meyakinkan, fungsi konatif menyarankan dan fungsi konatif menyimpulkan.  Di  samping  itu   juga  ditemukan  adanya  fungsi  referensial mengenai cara kerja suatu fitur kendaraan bermotor, fungsi referensial mengenai kegunaan suatu fitur kendaraan bermotor, fungsi referensial yang menjelaskan keadaan otomotif, fungsi fatis yang digunakan untuk menyapa dan memelihara hubungan sosial. Dari analisis ciri kosakata penentu register terdapat bentuk- bentuk kosakata khusus mengenai otomotif yang meliputi peristiwa otomotif, modifikasi kendaraan, jenis kendaraan, onderdil dan bagian dari kendaraan bermotor, dan fitur kendaraan bermotor.