Abstrak


Implementasi Model Pembelajaran Guided Discovery Berbantuan Hierarki Konsep untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Prestasi Belajar Siswa pada Materi Reaksi Redoks Kelas X MIPA 1 SMAN 5 Surakarta Tahun Pelajaran 2017/2018


Oleh :
Putri Alvy Assa’adah - K3314043 - Fak. KIP

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan prestasi belajar siswa kelas X MIPA 1 pada materi reaksi redoks di SMAN 5 Surakarta dengan menerapkan model pembelajaran Guided Discovery berbantuan hierarki konsep.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Pada tiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA 1 SMAN 5 Surakarta tahun pelajaran 2017/2018. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, kajian dokumen, angket, dan tes. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif.
Berdasarkan analisis data dan pembahasan dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Guided Discovery berbantuan hierarki konsep dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan prestasi belajar siswa kelas X MIPA 1 pada materi reaksi redoks di SMAN 5 Surakarta tahun pelajaran 2017/2018. Pada siklus I, ketercapaian kemampuan berpikir kritis sebesar 65,63% dan pada siklus II meningkat menjadi 100%. Pada aspek pengetahuan persentase ketercapaian hasil evaluasi siklus I sebesar 43,75% dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 90,63%. Sedangkan untuk persentase ketercapaian aspek sikap pada siklus I sebesar 90,63% dan meningkat menjadi 100% pada siklus II. Ketercapaian aspek keterampilan sebesar 100% pada siklus I.