Abstrak


Implementasi Pembangunan “Skybridge” di Kota Surakarta


Oleh :
Mahardhika Mulya Adi Pamungkas - D0114075 - Fak. ISIP

ABSTRAK

Permasalahan kemacetan yang terjadi di Indonesia diatasi oleh pemerintah dengan menciptakan sebuah kebijakan integrasi antarmoda. Pembangunan skybridge di Kota Surakarta merupakan salah satu wujud yang ada. Dalam implementasinya timbul beberapa permsalahan. Oleh karena itu diperlukan sebuah kajian mendalam untuk mengetahui bagaimana femonena implementasinya.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses dan faktor-faktor yang berpengaruh terhadap implementasi pembangunan skybridge di Kota Surakarta. Penelitian ini merupakan kajian kualitatif deskriptif, dengan analisis difokuskan pada proses implementasi dan faktor-faktor yang mempengaruhinya.. Metode pengumpulan data menggunakan wawanacara dan dokumentasi, proses validitas data dilakukan dengan trianggulasi sumber dan teknik.  
Hasil penelitian ini berkesimpulan bahwa proses implementasi pembangunan skybridge di Kota Surakarta terbagi kedalam tiga tahapan yaitu tahap pengorganisasian yang diisi dengan berbagai kegiatan terkait penyusunan kelengkapan penunjang kebijakan, interpretasi berisi pembuatan surat keputusan dan sosialisasi kepada pelaksana dan masyarakat, dan aplikasi yang terdiri atas pelaksanaan pembangunan, pengawasan dan evaluasi serta peresmian skybridge. Terdapat faktor pendukung implementasi seperti Faktor Ukuran-Ukuran Dasar dan Tujuan-Tujuan Kebijakan; Faktor Sumber-Sumber; Faktor Komunikasi pada aspek transmisi, aspek kejelasan, aspek konsistensi, aspek ketepatan pada para pelaksana, dan kepada masyarakat yang terkena dampak secara langsung; Faktor Struktur Birokrasi pada aspek struktur organisasi, aspek alur koordinasi kerja, dan aspek SOP Faktor Kondisi Ekonomi, Sosial, dan Politik pada aspek pendapat umum masyarakat mengenai kebijakan; serta Faktor Kecenderungan Pelaksana. Selaim itu terdapat faktor penghambat pula seperti faktor Sumber-Sumber pada aspek sumber daya keuangan, Faktor Komunikasi pada aspek ketepatan pada kepada masyarakat yang tidak terkena dampak secara langsung; Faktor Struktur Birokrasi pada aspek fragmentasi; Faktor Kondisi Ekonomi, Sosial, dan Politik pada aspek pengaruh kondisi sosial.

Kata kunci: Kemacetan, Integrasi Antar moda, Implementasi Kebijakan, Pembangunan Skybridge.