Abstrak


Pengembangan Media Pembelajaran Augmented Reality untuk Mata Kuliah Robotika di Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer Universitas Sebelas Maret


Oleh :
Abdur Rachman Yusuf - K3514001 - Fak. KIP

ABSTRAK

Penelitian di lapangan menunjukkan bahwa ada kendala dalam pembelajaran robotika di PTIK UNS, yaitu keterbatasan biaya dan ketersediaan jumlah alat. Kendala tersebut dapat diatasi dengan pengembangan media pembelajaran, salah satu bentuknya yaitu augmented reality. Dari hal tersebut maka dirumuskan tujuan penelitian yaitu untuk mengembangkan media pembelajaran  augmented reality pada mata kuliah robotika di program studi PTIK UNS serta mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran augmented reality untuk mata kuliah robotika di program studi PTIK UNS. 
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan media pembelajaran dengan model ADDIE. Model ini dipilih karena memiliki proses yang sistematis dan berurutan. Proses ADDIE meliputi Analisis, Desain, Develop, Implement, dan Evaluate, tetapi peneliti membatasi sampai tahap develop. Pada tahap develop, pengembangan aplikasi menggunakan model pengembangan waterfall. 
Hasil dari penelitian ini diuji menggunakan indikator ISO 25010 diperoleh hasil yaitu pada aspek kesesuaian fungsional diperoleh skor sebesar 100%, aspek portability diperoleh skor sebesar 100%, penilaian ahli media diperoleh skor sebesar 90%, dan aspek usability diperoleh skor sebesar 84%. Selain itu, penilaian dari ahli materi diperoleh hasil 100% pada aspek ketepatan materi.  

Kata kunci: Augmented reality, teknologi, media pembelajaran, robotika