Abstrak


Pembelajaran Keterampilan Berbicara Berbasis Teks Biografi pada Kelas Inklusi Berdasarkan Kurikulum 2013 (Studi Kasus di SMAN 8 Surakarta)


Oleh :
Gilang Jaka Sanjaya - K1214019 - Fak. KIP

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan (1) RPP pembelajaran keterampilan berbicara berbasis teks biografi di kelas inklusi X IPS 2 dan X IPS 5 SMAN 8 Surakarta; (2) pelaksanaan pembelajaran keterampilan berbicara berbasis teks biografi di kelas inklusi X IPS 2 dan X IPS 5 SMAN 8 Surakarta; (3) evaluasi pembelajaran keterampilan berbicara berbasis teks biografi yang dilakukan oleh guru di kelas inklusi X IPS 2 dan X IPS 5 SMAN 8 Surakarta; dan (4) kendala yang dihadapi dan upaya yang dilakukan guru dalam pembelajaran keterampilan berbicara berbasis teks biografi di kelas inklusi X IPS 2 dan X IPS 5 SMAN 8 Surakarta.
Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus. Teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling. Sumber data yang digunakan berupa peristiwa, informan, dan dokumen. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan analisis data. Uji validitas data yang digunakan adalah triangulasi sumber, triangulasi metode, dan review informan. Taknik analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif.
Hasil penelitian ini adalah deskripsi tentang: (1) komponen RPP yang disusun oleh guru sesuai dengan Permendikbud, namun kesesuaian isi belum dapat dikatakan baik; (2) pelaksanaan pembelajaran keterampilan berbicara berbasis teks biografi di kelas inklusi SMAN 8 Surakarta telah dilakukan berdasarkan kurikulum 2013; (3) evaluasi yang dilakukan oleh guru mata pelajaran berupa pemberian soal-soal remidi;(4) kendala yang dihadapi guru mata pelajaran bahasa Indonesia pada pembelajaran teks biografi di SMAN 8 Surkarta. Kendala guru meliputi (a) kurangnya pemahaman mengenai bahasa isyarat untuk berkomunikasi dengan siswa berkebutuhan khusus tunadaksa wicara; (b) tidak ada guru pendamping khusus untuk ABK; (c) siswa berkebutuhan khusus cenderung menutup diri, dan (d) kurangnya penggunaan media gambar sebagai media pembelajaran. (5) upaya yang dilakukan guru bahasa Indonesia SMAN 8 Surakarta dalam mengatasi permasalahan yang dihadapi pada pembelajaran teks biografi di kelas inklusi dengan (a) melakukan edukasi tentang bahasa isyarat kepada guru dan peserta didik; (b) melakukan pendekatan secara personal kepada peserta didik berkebutuhan khusus; dan (c) memfasilitasi jam tambahan atau les pribadi bagi peserta didik berkebutuhan khusus yang merupakan program dari guru koordinator inklusi, dan (d) penambahan media gambar sebagai media pembelajaran.

Kata kunci: teks biografi, inklusi, kelas X