Abstrak


Kumpulan Cerpen Juragan Haji Karya Helvy Tiana Rosa: Kajian Stilistika dan Relevansinya sebagai Bahan Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sma


Oleh :
Isnawati Nurul Fuidah - K1210031 - Fak. KIP

ABSTRAK

Penelitian ini bertujan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan analsisis stilistika dalam kumpulan cerpen Juragan Haji karya Helvy Tiana Rosa dan relevansinya sebagai bahan pembelajaran bahasa Indonesia di SMA. Analisis stilistika meliputi gaya bahasa, diksi, dan citraan yang terdapat dalam kumpulan cerpen Juragan Haji.  
Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan metode content analysis atau analisis isi. Sumber datanya adalah dokumen berupa kumpulan cerpen Juragan Haji. Adapun teknik pengumpulan data yaitu analisis data dan wawancara.  Validitas yang digunakan adalah teknik triangulasi. Adapun  triangulasi yang digunakan adalah triangulasi metode dan triangulasi sumber data. Teknik yang  dipakai dalam penelitian ini adalah teknik sampling bertujuan (purposive sampling). Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis interaktif sebagaimana yang dikemukakan oleh Miles dan Huberman.  
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) penggunaan gaya bahasa dalam kumpulan cerpen Juragan Haji ditemukan 5 jenis gaya bahasa yang mendominasi gaya bahasa hiperbola paling mendominasi; (2) penggunaan diksi dalam kumpulan cerpen Juragan Haji ditemukan 4 jenis diksi yang mendominasi dan diksi kata serapan yang paling mendominasi; (3) penggunaaan citraan dalam kumpulan cerpen Juragan Haji ditemukan 4 jenis citraan yang mendominasi dan citraan gerak yang paling mendominasi; (4) relevansi mengenai penelitian kumpulan cerpen Juragan Haji dengan pembelajaran bahasa Indonesia di SMA diketahui dari KD dalam silabus kurikulum 2013 untuk kelas XI.

Kata kunci: cerpen, diksi, gaya bahasa, citraan, pembelajaran bahasa Indonesia