Abstrak


Repellent Tikus (Rattus Rattus Diardii L.) dari Ekstrak Daun Sirsak (Annona Muricata L.)


Oleh :
Meida Dewanti - I8315031 - Fak. Teknik

ABSTRAK

Tikus rumah (Rattus rattus) adalah hewan pengerat  yang mudah dijumpai di rumah-rumah dengan ekor yang panjang, pandai memanjat dan melompat. Tikus tidak hanya merusak barang-barang yang ada di rumah, namun sering kali tikus meninggalkan kotoran sehingga menyebabkan bau yang tidak sedap. Selain itu tikus  juga  dapat  menjadi  inang  dari  vektor  beberapa  penyakit  Penggunaan repellent nabati merupakan salah satu pengendalian alternatif dengan memanfaatkan indera penciuman tikus. Daun sirsak (Annona muricata L) merupakan tanaman dengan bau yang sangat menyengat, ini dapat digunakan sebagai repellent   nabati. Secara umum bahan tersebut hanya mengusir dengan memanfatkan ketidaksukaan penciuman tikus terhadap aroma menyengat daun sirsak, sehingga tikus akan pergi dengan sendirinya dan tidak akan mati menyisakan bangkai di rumah-rumah.
Metode yang digunakan dalam pembuatan repellent tikus nabati dari daun sirsak adalah ekstraksi maserasi. Proses ekstraksi dilakukan selama 2 hari dalam wadah  tertutup  menggunakan  pelarut  etanol  96%.  Setelah  2  hari  daun  sirsak diperas dan diambil filtrat nya untuk dijadikan sebagai repellent tikus. Setiap 1 liter repellent tikus dibutuhkan 0,5 kg daun sirsak dan 1,15 L etanol 96%.
Hasil pengujian repellent tikus nabati terhadap berat pakan tikus selama 5 jam pengujian didapatkan persentase pengurangan berat  pakan penggunaan sampel repellent     hasil  tumbukan  daun  sirsak  sebesar  1%  dari  berat  awal  pakan, sedangkan penggunaan sampel repellent campuran tumbukan daun sirsak dengan etanol 96% sebesar 2,48%. Persentase pengurangan berat pakan penggunaan sampel repellent filtrat hasil ekstraksi daun sirsak dengan air sebesar 64,5% , sedangkan penggunaan sampel repellent filtrat hasil ekstraksi daun sirsak dengan etanol 96% sebesar 16,67%. Berdasarkan hasil pengujian repellent tikus nabati dari daun sirsak menyatakan bahwa tumbukan daun sirsak dan hasil ekstraksi maserasi daun sirsak dengan etanol 96% berpengaruh terhadap pengusiran tikus sehingga dapat digunakan sebagai repellent tikus nabati.

Kata Kunci : Repellent, Ekstrak Daun Sirsak