Abstrak


Strategi Pemasaran dan Tahapan Event Jppro Sebagai Event Organizer di Bali


Oleh :
Putri Fatmawati - B3215040 - Fak. Ilmu Budaya

ABSTRAK
Laporan tugas akhir ini mengkaji tentang strategi pemasaran dan tahapan event JPPRO sebagai event organizer di Bali. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran, tahapan event, kendala yang dihadapi terhadap strategi pemasaran perusahaan serta solusi dalam menanganinya.
Penulisan laporan ini menggunakan metode deskriptif kualitatif untuk memperoleh gambaran berbagai informasi yang berhubungan dengan strategi pemasaran dan tahapan event JPPRO Bali. Metode pengumpulan data menggunakan observasi partisipasi, wawancara dan studi pustaka. Data yang diperoleh kemudian dianalisis secara kualitatif dan disajikan secara deskriptif.
Hasil dalam penelitian ini adalah strategi pemasaran yang digunakan oleh perusahaan dalam pemasaran yaitu menekankan pada strategi “mouth to mouth”, service dan konsepting sesuai dengan visi misi perusahaan “Whatever You Have In Mind. We Can Make It Real”. Sedangkan tahapan event di JPPRO Bali dibagi menjadi tiga tahapan, yaitu tahap pertama tahap pra event terdiri dari request (permintaan) dan membuat penawaran, meeting, survei, dan pemilihaan crew event. Tahap kedua yaitu tahapan saat event berlangsung yaitu technical meeting dengan seluruh pengisi acara, technical meeting dengan seluruh crew,Loading barang,proses event berjalan sesuai dengan rundown yang telah ditetapkan. Tahap ketiga tahap pasca event terdiri dari kegiatan evaluasi dan pembuatan laporan akhir hasil (final reporting).
Kesimpulan dari penelitian ini yaitu strategi pemasaran JPPRO Bali yaitu kualitas produk (service dan konsepting), tahapan event JPPRO Bali yaitu tahap pra event, saat event berlangsung dan tahap pra event. Sedangkan kendala yang dihadapi dalam menjalankan strategi pemasaran yaitu belum memiliki kantor cabang, belum memiliki staf marketing, dan kurangnya sumber daya manusia yang menangani website perusahaan.


Kata Kunci : Strategi Pemasaran, Event, Tahapan Event, Event Organizer