Abstrak


Penggunaan Ulang Media Sosial Instagram Melalui Kepuasan dan Persepsi Pelaku Usaha di Kota Surakarta


Oleh :
Cicih Rosnianingsih - F0211025 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi pengguna yang berpengaruh terhadap kepuasan untuk berlanjut menggunakan sistem. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah niat penggunaan ulang dan variabel independen dalam penelitian ini adalah persepsi manfaat, persepsi kemudahan penggunaan, dan persepsi kesenangan.

Populasi dalam penelitian ini adalah pelaku usaha pengguna Instagram di Surakarta dan menggunakan sampel 150 orang yang berniat melanjutkan penggunaan. Penelitian ini menggunakan alat uji SPSS for windows17 untuk uji validitas dan realibilitas dan SmartPLS2 untuk uji model.

Hasil penelitian ini adalah persepsi pengguna yang meliputi persepsi manfaat, persepsi kemudahan,   persepsi kesenangan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan dan niat penggunaan ulang. Selain itu, persepsi kemudahan juga berpengaruh signifikan terhadap persepsi manfaat, dan kepuasan berpengaruh signifikan pada niat penggunaan ulang.

Keterbatasan penelitian ini pada media sosial Instagram yang   belum pasti  dapat  menggambarkan  fenomena  yang  terjadi  pada  media  sosial  lain secara umum. Penelitian ini menguji pengaruh dari tiga faktor persepsi pengguna pada kepuasan dan niat penggunaan ulang, sementara faktor lain yang mungkin memiliki pengaruh terhadap loyalitas pelanggan belum dipertimbangkan.


Kata Kunci : Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan Penggunaan, Persepsi
Kesenangan, Kepuasan Pengguna, Niat Penggunaan Ulang.