Abstrak


Implementasi Model Pembelajaran Quantum Learning dengan Metode Mind Mapping untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Peserta Didik


Oleh :
Indah Kharisma Sulistyorini - K7614059 - Fak. KIP

ABSTRAK

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik melalui implementasi model pembelajaran Quantum Learning dengan menggunakan metode Mind Mapping pada mata pelajaran Pengantar Ekonomi dan Bisnis kelas XI Program Keahlian Pemasaran 1 SMK Batik 2 Surakarta. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilakukan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI Pemasaran 1 SMK Batik 2 Surakarta yang berjumlah 26 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, observasi, wawancara, angket, dan tes hasil belajar. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif komparatif dan teknik analisis kritis.  
Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi model pembelajaran Quantum Learning dengan metode Mind Mapping dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar Pengantar Ekonomi dan Bisnis di kelas XI Pemasaran 1 SMK Batik 2 Surakarta. Presentase kemampuan berpikir kritis peserta didik mengalami peningkatan dari 59,72% pada pra siklus, 70,51% pada siklus I, dan 78,85% pada siklus II. Presentase ketuntasan peserta didik mengalami peningkatan dari 34,62% pada pra siklus, 61,54% pada siklus I, dan 80,77% pada siklus II. Selain itu nilai rata-rata kelas juga mengalami peningkatan dari 67,85 pada pra siklus, 73,38 pada siklus I dan 80,46 pada siklus II. Simpulan berdasarkan hasil penelitian adalah model pembelajaran Quantum Learning dengan metode Mind Mapping dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar Pengantar Ekonomi dan Bisnis di kelas XI Pemasaran 1 SMK Batik 2 Surakarta.

Kata Kunci : Quantum Learning, Mind Mapping, Kemampuan Berpikir Kritis, Hasil Belajar