Abstrak


Analisis Penerapan Standar Akuntansi Entitas Mikro Kecil Dan Menengah (SAK EMKM) Pada Unshabby Clothing Karangnyar


Oleh :
Bayu Tri Adi Permana - F3316012 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

ABSTRAK

Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro Kecil dan Menengah merupakan salah satu standar Keuangan yang ditetapkan untuk mempermudah UMKM menyusun dan menyajikan laporan keuangan yang lebih sederhana dan mudah dipahami bagi investor dan kreditor untuk memberikan bantuan pembiayaan bagi para pengusaha UMKM. Kondisi ini terjadi di Unshabby Clothing, sebuah usaha manufaktur pembuatan baju di Karanganyar. Unshabby Clothing ini sudah lama didirikan dan memiliki aktivitas bisnis yang memadai, namun belum dapat menerapakan SAK EMKM dengan baik. Latar belakang inilah yang menarik untuk di kaji terkait dengan penerapan SAK EMKM.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis pendekatan deskriptif. Penelitian ini dilakukan dengan empat tahapan yaitu, (1) pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi , (2) reduksi data, (3) penyajian data, (4) analisis data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, sistem pencatatan keuangan pada Unshabby Clothing dicatat secara manual dan sederhana. Alasan membuat pencatatan yang sederhana karena pemilik belum memahami cara menyusun laporan keuangan yang sesuai dengan standar dan karena keterbatasan waktu sehingga untuk menyusun laporan keuangan sesuai dengan SAK EMKM masih belum diterapkan. Penelitian ini juga diharapkan dapat memberikan informasi bagi pemilik Unshabby Clothing dalam menerapkan SAK EMKM.
Dari hasil penelitian ini, penulis menyarankan agar pemilik Unshabby Clothing menambah karyawan yang ahli dalam akuntansi guna mengurangi kendala pada saat proses pencatatan keuangan agar sesuai dengan standar.

Kata Kunci: Standar Akuntansi, Laporan Keuangan, SAK EMKM