Abstrak


Analisis Perbandingan Kinerja Laporan Keuangan Pada Perusahaan E-Commerce Go Public Periode 2016 Dan 2017 (Studi Kasus Pada PT Kioson Komersial Indonesia Tbk dan PT M Cash Integrasi Tbk)


Oleh :
Filipta Dea Sekarwangi - F3316024 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

ABSTRAK

Media digital pada masa sekarang sangat membantu memudahkan manusia. Tak terkecuali media digital pada bidang keuangan atau yang pada saat ini disebut dengan Financial Technology (Fintech). Sebagai perusahaan e-commerce yang berperan kepada bisnis digital di Indonesia saat ini, PT M Cash Integrasi Tbk dan PT Kioson Komersial Tbk memiliki berbagai macam produk yang hampir sama diantaranya adalah pembayaran dalam bentuk aplikasi. Kedua perusahaan ini bersaing untuk menjadi start up pilihan masyarakat dan menghasilkan laba yang tinggi.
 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kinerja keuangan perusahaan e-commerce yang laporan keuangannya sudah go public dengan menggunakan metode analisis common size, analisis rasio dan analisis aliran kas. Kesimpulan dari penelitian ini adalah perbandingan kinerja keuangan PT M Cash secara umum lebih baik dari PT Kioson pada tahun 2016 dan 2017 berdasarkan dengan  dengan analisis yang telah digunakan dimana rata-rata grafik menunjukkan bahwa PT M cash memiliki pengelolaan manajemen yang cukup baik. Rekomendasi yang diberikan pada penelitian ini adalah PT Kioson perlu mengadakan perbaikan pada aliran kas pada akytivitas operasi dan investasi serta PT M Cash perlu melakukan peningkatan penjualan dan investasi supaya dapat tetap bersaing dengan perusahaan e-commerce lainnya.

Kata Kunci: Fintech, Analisis Common Size, Analisis Rasio, Analisis Aliran Kas, Go Public, E-commerce.