Abstrak


Evaluasi Dokumen Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (Amdal) Pada Jenis Usaha Dan Kegiatan Wajib Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (Amdal) Di Kota Surakarta (Studi Dinas Lingkungan Hidup Kota Surakarta)


Oleh :
Adi Santara Fonda Razaq - E0014435 - Fak. Hukum

ABSTRAK


Adi Santara Fonda Razaq. 2018. E0014435. EVALUASI DOKUMEN ANALISIS   MENGENAI   DAMPAK   LINGKUNGAN   (AMDAL)   PADA JENIS USAHA DAN KEGIATAN WAJIB ANALISIS MENGENAI DAMPAK LINGKUNGAN (AMDAL) DI KOTA SURAKARTA (STUDI DINAS LINGKUNGAN HIDUP KOTA SURAKARTA). Penulisan Hukum (Skripsi). Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan evaluasi dokumen analisis
mengenai  dampak  lingkungan  (AMDAL)  dan  kegunaan  evaluasi  dokumen analisis mengenai dampak lingkungan (AMDAL) oleh Dinas Lingkungan Hidup di  Surakarta.  Untuk  mengetahui  keefektifan  pelaksanaan  evaluasi  dokumen analisis mengenai dampak lingkungan (AMDAL) yang dilakukan oleh Dinas Lingkungan Hidup Kota Surakarta dalam mencegah dampak negatif dari kegiatan usaha terhadap lingkungan.
Penelitian hukum ini merupakan penelitian hukum normatif yang bersifat preskriptif atau terapan dengan pendakatan undang-undang. Sumber bahan hukum yang  digunakan  dalam  penelitian  ini  adalah  bahan  hukum  primer  dan  bahan hukum  sekunder. Teknik  pengumpulan  bahan  hukum  yang digunakan  penulis adalah studi dokumen atau studi kepustakaan. Teknik analisis bahan hukum dalam penelitian ini bersifat deduksi dengan metode silogisme.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan menghasilkan simpulan bahwa evaluasi dokumen AMDAL oleh Dinas Lingkungan Hidup Kota Surakarta mengacu kepada dua poin yaitu pertama pada tahap penilaian dan kedua pada tahap   pelaksanaan.   Kedua   tahap   tersebut   telah   sesuai   dengan   Peraturan
Pemerintah Nomor 27 Tahun 2012 tentang Izin Lingkungan dan mengacu pada Peraturan  Menteri  Lingkungan  Hidup  Nomor  08  Tahun  2013  tentang  Tata Laksana   Penilaian   dan   Pemeriksaan   Dokumen   Lingkungan   Hidup   Serta Penerbitan Izin Lingkungan dan memiliki kegunaan untuk dapat meningkatkan kualitas sarana dan prasarana kesehatan bagi masyarakat. Hasil evaluasi yang dilakukan oleh Dinas Lingkungan Hidup Kota Surakarta, dokumen AMDAL penambahan luas bangunan gedung Rumah Sakit Jiwa Daerah (RSJD) Surakarta mampu untuk mencegah dampak negatif dari kegiatan usaha terhadap lingkungan.

Kata Kunci : AMDAL, Lingkungan, Dinas Lingkungan Hidup Kota Surakarta, Rumah Sakit Jiwa Daerah (RSJD) Surakarta.