Abstrak


Administrasi Fasilitas Karyawan PT. Pertamina (Persero) Refinery Unit IV Cilacap dalam Penggunaan Pesawat Pelita Air


Oleh :
Yariski Nurwiji Pangesti - D1515108 - Fak. ISIP

ABSTRAK

Karyawan merupakan faktor yang sangat penting bagi untuk mencapai tujuan perusahaan. PT. Pertamina (Persero) Refinery Unit IV Cilacap memberikan fasilitas kepada karyawan berupa pesawat Pelita Air rute Cilacap-Jakarta dan Jakarta-Cilacap untuk memotifasi dan memudahkan karyawan dalam sarana transportasi. Tujuan dari pengamatan dan penyusunan Tugas Akhir ini adalah untuk menjelaskan administrasi fasilitas karyawan PT. Pertamina (Persero) Refinery Unit IV Cilacap dalam penggunaan pesawat Pelita Air.
Dalam pengamatan ini penulis menggunakan jenis pengamatan Deskriptif yang merujuk pada pengamatan yang menghasilkan data berupa kata-kata, kalimat atau gambar yang memiliki arti lebih daripada sekedar angka atau frekuensi. Sumber data yang digunakan meliputi narasumber atau informan, peristiwa, aktivitas, perilaku dan dokumen/arsip. Teknik pengumpulan data pada pengamatan ini menggunakan observasi, wawancara, dokumen dan arsip, dan perekaman.  
Hasil pengamatan yang dilakukan oleh penulis dapat disimpulkan bahwa kegiatan administrasi fasilitas karyawa PT. Pertamina (Persero) Refinery Unit IV Cilacap dapat dibagi menjadi 2 (dua) yaitu untuk perjalanan dinas dan untuk anggota keluaga karyawan. Proses untuk Perjalanan Dinas meliputi Surat Tugas, Pembuatan Surat Perjalanan Dinas (SPD), Perizinan, Pemesanan Tiket dan Keberangkatan. Tahapan untuk anggota keluarga karyawan meliputi Pembuatan Surat Ijin Jalan (SIJ), Perizinan, Pemesanan Tiket, Pembayaran dan Keberangkatan. Setelah dilakukan keberangkatan maka bagian Human Resources (HR) melakukan Rekapitulasi. Pembatalan tiket yang dikarenakan faktor pribadi maka uang tidak dapat kembali, tetapi apabila dikarenakan faktor cuaca dan pesawat maka uang dapat diganti dengan mengisi kwitansi di bagian Human Resources (HR) dan diuangkan di bagian Keuangan.

Kata Kunci : Administrasi, Fasilitas Karyawan, Penggunaan Pesawat