Abstrak


Sistem Pengelolaan Sparepart dan Bahan Service di PT Astra International Tbk Daihatsu Palmerah Jakarta Selatan


Oleh :
Yunitami Aradia - D1515114 - Fak. ISIP

ABSTRAK

Di era persaingan bebas seperti sekarang ini, mengelola informasi secara  terintegrasi pada setiap organisasi perusahaan. Kecepatan pengelolaan dan penyampaian informasi bagi perusahaan pun sangatlah penting. Banyak data dan informasi yang harus dikelola secara efektif, yaitu dengan melalui sistem informasi bukan lagi dengan pencatatan manual maupun dengan menggunakan buku besar.
Dalam pengamatan ini Penulis menggunakan jenis pengamatan Deskriptif yang merujuk pada pengamatan yang menghasilkan data berupa kata-kata, kalimat atau gambar yang memiliki arti lebih daripada sekedar angka atau frekuensi. Sumber data yang digunakan meliputi narasumber atau informan, peristiwa, aktivitas, perilaku dan dokumen/arsip. Teknik pengumpulan data pada pengamatan ini menggunakan observasi, wawancara dan arsip.
Hasil pengamatan yang dilakukan oleh Penulis dapat disimpulkan bahwa sistem yang digunakan untuk mengelola administrasi di PT Astra International Tbk Daihatsu Palmerah Jakarta adalah PSS (Pygmalion Scheduled Synchronization). PSS ini mengelola sparepart dan bahan service di PT Astra International Tbk Daihatsu Palmerah Jakarta Selatan dengan 3 (Tiga) tahapan, yaitu tahapan Input terdiri dari Menginput PKB (Perintah Kerja Bengkel) dan Menginput Material Request, tahapan Proses terdiri dari Pembebanan Sparepart dan Bahan Service, dan yang ketiga adalah tahapan Output yang merupakan tujuan akhir dari sistem ini yang menghasilkan sebuah data berupa kwitansi.
 
Kata kunci : Sistem, Pengelolaan, Sparepart dan BahanService