Abstrak


Penerapan Metode Two Stay Two Stray (Tsts) Sebagai Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Perkembangan Teknologi (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Sawahan Ii Sangkrah Pasar Kliwon Surakarta Tahun Pelajaran 2015/2016)


Oleh :
Avillia Indira - K7109039 - Fak. KIP

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman konsep perkembangan teknologi dengan menerapkan metode Two Stay Two Stray pada siswa kelas IV SD Negeri Sawahan II Sangkrah Pasar Kliwon Surakarta Tahun Pelajaran 2015/2016.
Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah 36 siswa kelas IV SD Negeri Sawahan II Sangkrah Pasar Kliwon Surakarta, tahun pelajaran 2015/2016. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, observasi, tes dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif yang terdiri dari tiga komponen, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan metode Two Stay Two Stray dapat meningkatkan pemahaman konsep perkembangan teknologi. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari adanya peningkatan rerata nilai pemahaman konsep perkembangan teknologi siswa pada setiap siklusnya. Rata-rata nilai pemahaman konsep perkembangan teknologi adalah 58,06 pada pra siklus, 65,06 pada siklus I, 81,47 pada siklus II, dan 85,8 pada siklus III. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan metode Two Stay Two Stray  dapat meningkatkan pemahaman konsep perkembangan teknologi pada siswa kelas IV SD Negeri Sawahan II Sangkrah Pasar Kliwon Surakarta tahun pelajaran 2015/2016.

Kata Kunci : Two Stay Two Stray, pemahaman konsep perkembangan teknologi