Abstrak


Strategi Komunikasi Humas Unit Rehabilitasi Kusta RSUD Dr Rehatta Provinsi Jawa Tengah (Studi Deskripstif Strategi Komunikasi Humas Unit Kusta Donorojo RSUD Dr Rehatta dalam Sosialisasi OYPMK Tahun 2017)


Oleh :
Wahyu Ranisolikah - D0213103 - Fak. ISIP

Unit Kusta Donorojo RSUD Dr Rehatta disinyalir menjadi rumah sakit khusus penyakit kusta pertama di Jawa Tengah. Sedangkan Leprosy Care Community (LCC) adalah komunitas pertama yang berbasis sukarelawan bagi Orang Yang Pernah Mengalami Kusta (OYPMK) di Indonesia. Keduanya bersinergi dalam melakukan sosialisasi peduli kusta.
Peneliti menggunakan teori strategi komunikasi yang dikemukakan oleh Hafied Cangara yaitu menetapkan target sasaran dan analisis kebutuhan khalayak, pemilihan media komunikasi, menyusun pesan, dan peranan komunikator dalam komunikasi yang bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi humas Unit Kusta Donorojo dan komunitas LCC dalam melakukan sosialisasi mengenai OYPMK.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskripstif kualitatif, dengan metode pengumpulan data wawancara dan studi dokumentasi. Sampel dipilih oleh peneliti dengan purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah model analisis interatif. Validasi data menggunakan teknik triangulasi.
Dari hasil penelitian ini peneliti dapat menyimpulkan bahwa kader kusta, staff rumah sakit dan sukarelawan komunitas LCC adalah komunikator dalam melakukan sosialisasi yang secara umum sudah memenuhi kriteria. Sedangkan target sasaran sosialisasi adalah masyarakat umum, keluarga atau orang tua, dan anak muda. Pesan yang ingin disampaikan adalah supaya masyarakat memiliki kepedulian terhadap OYPMK. Dalam melakukan sosialisasi pihak unit kusta Donorojo belum memanfaatkan media masa yang ada, namun sudah menggunakan berbagai media online seperti twitter, facebook, dan Instagram.


Kata kunci: Strategi Komunikasi, Sosialisasi, Penyakit Kusta