Abstrak


Efek Visual Ferro Sulfat dan Pewarna Alam Daun Jati untuk Perancangan Elemen Estetis Interior Rumah Hunian


Oleh :
Yuni Puspitta Dewi - C0913049 - Fak. Seni Rupa dan Desain

ABSTRAK

Latar belakang proyek Tugas Akhir perancangan ini adalah sebagai alternatif  untuk memenuhi kebutuhan dan selera nuansa alami dalam rumah hunian. Memanfaatkan  kekayaan alam diantaranya Ferro Sulfat dan pewarnaa alam daun Jati untuk perancangan produk elemen estetis interior rumah hunian. Perancangan Menggunakan tema Rustic. Diharapkan dapat menciptakan suasana ruang yang berbeda,hangat dan bersahabat.

Metode yang dipakai yaitu metode desain dengan melewati tiga tahap yakni, metode perancangan, konsep dan visualisasi. Untuk metode perancangan melewati tahap analisis permasalahan, strategi pemecahan masalah, pengumpulan data, uji coba, dan menentukan gagasan awal perancangan. Konsep meliputi landasan pemikiran untuk perancangan desain tugas akhir. Visualisasi yakni tahap memvisualisasikan konsep rencana perancangan yang sudah ditulis dalam proses perancangan.

Hasil perancangan tugas akhir ini menghasilkan delapan panel desain  tekstil dan ilustrasi dalam bentuk tiga aplikasi produk elemen estetis interior berupa  kap lampu, tirai dan partisi atau penyekat ruang dengan  tema Rustic. Teknik yang digunakan dalam perancangan ini adalah ikat celup. Teknik pewarnaan pada background  dan motif menggunakan Ferro Sulfat dan pewarna alam daun Jati. Bahan menggunakan kain Rayon Ima, berasal dari serat semi sintetis dari tumbuhan memiliki sifat menyerap warna yang sangat baik, lembut , bertekstur  dan memiliki daya  jatuh yang baik sehingga cocok digunakan untuk pewarnaan alam dan dapat mendukung konsep Rustic. Dengan memanfaatkan sumber daya alam yang melimpah diharapkan dapat memperkaya khasanah pertekstilan di Indonesia.

Kata Kunci : Ferro Sulfat, Ekstrak daun Jati, Elemen Estetis Interior, Rustic.