;

Abstrak


Model Integrasi Nilai-Nilai Kaearifan Lokal Rumah Limas Palembang Berbasis Mea (Means-End Analysis) untuk Meningkatkan Solidaritas Sosial Siswa di SMA Negeri 1 Simpang


Oleh :
Yudi Pratama - S861508029 - Sekolah Pascasarjana

Abstrak

Penelitian Pengembangan ini bertujuan untuk melihat beberapa poin diantaranya;  1.a.  Pemahaman  siswa  tentang  nilai-nilai  kearifan  lokal  rumah Limas Palembang, b. Menganalisis Sikap Solidaritas Sosial Siswa, c Menganalisis kebutuhan model pembelajaran sejarah, d. Menganalisis model pembelajaran sejarah di laksanakan. 2 Mengembangkan Model Integrasi Nilai-Nilai Kearifan lokal Rumah Limas Palembang Berbasis MEA (Means-Ends Analysis) Untuk Meningkatkan Solidaritas Sosial Siswa SMA Negeri 1 Simpang, dan 3. Menguji efektivitas Model Integrasi Nilai-Nilai Kearifan lokal Rumah Limas  Palembang Berbasis MEA (Means-Ends Analysis).
Penelitian ini menggunakan metode pengembangan Dick and Carey, garis besar penelitian ini meliputi studi pendahuluan, validasi instrumen penelitian oleh ahli, uji coba produk dan  pada tahapan akhir dilakukan uji efektivitas model dengan melakukan uji T.
Hasil Penelitian disimpulkan bahwa: 1) a. Sikap solidaritas peserta didik masih rendah, b. Pengetahuan tentang nilai-nilai yang ada pada kearifan lokal rumah Limas PalembangPalembang masih rendah. c. Model Pembelajaran yang diterapkan di SMA Negeri 1 Simpang masih bersifat konvensional, d. Tingginya kebutuhan akan model pembelajaran yang inovatif yang bisa mengidentifikasi nilai-nilai kearifan lokal dan dikombinasikan dengan teknik klarifikasi nilai dan memecahkan  masalah  yang  ada.  2).  Model  yang  telah  dikembangkan  telah berhasil dikembangkan dengan karakteristik mengacu pada model kooperatif yang dikombinasikan dengan pendekatan nilai VCT bertujuan untuk mengindentifikasi nilai-nilai yang ada kearifan lokal rumah Limas Palembang, Model integrasi nilai- nilai  kearifan  lokal  rumah  Limas  Palembang  berbasis  MEA  (Means-Ends Analysis) termasuk dalam kategori yang sangat baik, hal ini ditinjau dari Sintaks Rencana Pelaksanaan pembelajaran, sumber yang relevan, kualitas metode penyajian  dan  kelengkapan  bahan  penunjang  pembelajaran.3)  Model  integrasi nilai-nilai kearifan lokal rumah Limas Palembang berbasis MEA (Means-Ends Analysis) efektif dalam meningkatkan sikap solidaritas sosial. Hal ini dapat dilihat dari  taraf  signifikan  0,16  (0,016<0>dapat disimpulkan bahwa H1 diterima yang bearti bahwa terdapat pengaruh yang signifikan sebelum dan sesudah diberikan perlakuan.

Kata Kunci : Means-Ends Analysis, Solidaritas Sosial, Rumah Limas Palembang
Pembelajaran Sejarah