Abstrak


Penerapan Teknik Make A Match untuk Meningkatkan Pembelajaran PKn Tentang Lembaga Pemerintahan Tingkat Pusat pada Siswa Kelas IV SDN Kaliwungu Tahun Ajaran 2017/2018


Oleh :
Jana Riskiana - K7114082 - Fak. KIP

Tujuan penelitian ini yaitu: (1) untuk mendeskripsikan langkah-langkah penerapan   teknik   make   a   match   dalam   pembelajaran   PKn,   (2)   untuk meningkatkan pembelajaran PKn tentang Lembaga Pemerintahan Tingkat Pusat melalui teknik make a match, dan (3) untuk mendeskripsikan kendala dan solusi yang dihadapi dalam penerapan teknik make a match dalam pembelajaran PKn pada siswa kelas IV SDN Kaliwungu tahun ajaran 2017/2018.

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaboratif. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Kaliwungu tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 25 siswa yang terdiri   dari   11   siswa   laki-laki   dan   14   siswa   perempuan.   Validitas   data menggunakan teknik triangulasi yang berupa triangulasi sumber data dan teknik pengumpulan data. Sumber data dalam penelitian ini terdiri dari guru dan siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, observasi, dan wawancara. Analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penerapan teknik make a match dilaksanakan melalui tujuh langkah, yaitu: (a) penyiapan kartu, (b) pembagian kartu, (c) pencarian jawaban, (d) pencarian pasangan, (e) pemberian poin, (f) pengulangan teknik, (g) pembuatan kesimpulan, (2) Penerapan teknik make a match  dapat  meningkatkan  pembelajaran  PKn tentang  Lembaga Pemerintahan Tingkat  Pusat  pada  siswa  kelas  IV.  Hal  ini  ditunjukkan  dengan   adanya peningkatan ketuntasan proses dan hasil belajar. Persentase proses belajar siklus I 62,50%, siklus II meningkat menjadi 76,00%, dan siklus III meningkat menjadi 88,00%.  Persentase  hasil  belajar  siswa  siklus  I  sebesar  56,25%,  siklus  II meningkat menjadi 68,00%, dan siklus III meningkat menjadi 84%; dan (3) Kendala utama penerapan teknik make a match yaitu siswa gaduh dan kurang tertib, beberapa siswa enggan berpasangan dengan lawan jenis, siswa kurang bersemangat saat penyampaian materi, dan siswa berebut ingin diperiksa kartunya saat pemberian poin sehingga kurang memperhatikan kartu teman. Solusi untuk mengatasi kendala tersebut yaitu: mengatur, menguasai dan memperhatikan siswa di kelas, memberikan pengarahan agar siswa bekerja sama, memberikan motivasi saat siswa mulai bosan, mengarahkan siswa agar menunggu giliran diperiksa kartunya.

Simpulan penelitian ini yaitu penerapan teknik make a match dapat meningkatkan pembelajaran PKn tentang Lembaga Pemerintahan Tingkat Pusat pada siswa kelas IV SDN Kaliwungu tahun ajaran 2017/2018