;

Abstrak


Hubungan Adekuasi Hemodialisis dan Dukungan Keluarga dengan Kualitas Hidup Pasien Gagal Ginjal


Oleh :
Leo Chandra Wisnu Pandu W - S521408004 - Sekolah Pascasarjana

ABSTRAK

Latar Belakang : Hemodialisis merupakan salah satu terapi pengganti ginjal pada pasien dengan gagal ginjal kronis. Kualitas hemodialisis sangat ditentukan oleh adekuasi hemodialisis, yang merupakan dosis yang direkomendasikan untuk mendapatkan hasil yang adekuat dari proses hemodialisis. Perubahan biologis dan psikologis selalu dihadapi pasien yang menjalani hemodialisis, yang dapat mempengaruhi kualitas hidup mereka. Dukungan keluarga merupakan faktor penting seseorang dalam menghadapi masalah kesehatan dan sebagai sistem pendukung utama dalam menghadapi stessor terkait penyakit yang diderita. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara adekuasi hemodialisis dan dukungan keluarga dengan kualitas hidup pasien gagal ginjal kronis.

Subyek dan Metode : Desain penelitian analisis observasional dengan pendekatan cross sectional. Penelitian dilakukan di RS Kasih Ibu Surakarta. Jumlah sampel 102 pasien Gagal Ginjal Kronis yang menjalani hemodialisis dan dipilih menggunakan metode Systematic Random Sampling. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah kualitas hidup yang dinilai dengan menggunakan kuesioner WHOQoL. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah adekuasi hemodialisis yang diukur menggunakan rumus Ureum Reduction Rate (URR). Dukungan keluarga yang diukur dengan kuesioner dukungan keluarga. Analisis data dengan Uji Chi Square, Uji Mann Whitney dan Regresi logistik dengan nilai p < 0>

Hasil : Pasien dengan gagal ginjal kronis memiliki kualitas hidup yang baik jika mereka mencapai adekuasi hemodialisis yang baik (OR=5,34; 95% CI=2,20-12,98 ; p=0,001) dan mendapatkan dukungan keluarga yang baik (OR=7,74; 95% CI=3,13 to 19,13 ; p=0,001).

Kesimpulan : Kualitas hidup pasien gagal ginjal kronis yang menjalani hemodialisis ditentukan oleh adekuasi hemodialisis dan dukungan keluarga.

Kata kunci : gagal ginjal kronis, hemodialisis, adekuasi, dukungan keluarga, kualitas hidup