Abstrak


Perancangan dan Pembuatan Game Kesehatan Berbasis Android untuk Anak Usia Dini


Oleh :
Ariel Yonatan Alin - M3115027 - Fak. MIPA

ABSTRAK

Kesehatan merupakan peranan yang penting dalam aspek kehidupan. Agar pentingnya kesehatan dapat diterima di setiap orang, maka perlu di ajarkan dari sejak dini. Anak – anak usia dini adalah usia emas dalam pertumbuhan otak anak, pada masa – masa tersebut, peran orangtua sangat dibutuhkan dalam mengawasi tumbuh dan berkembangnya otak anak. Permasalahannya banyak orangtua yang menyalah gunakan masa usia emas anak hanya untuk bermain game, sedangkan banyak game yang tidak mengedukasi anak.
Pada saat ini game telah banyak digunakan sebagai media pembelajaran yang digunakan untuk menarik anak – anak untuk bermain dan belajar.
Metode pembangunan dan pengembangan game yaitu Game Development Life Cycle (GDLC). Penelitian dilakukan dengan menggunakan metodologi GDLC (Game Development Life Cycle) yang mempunyai tahapan seperti Initiation, Pre-production, Production , Testing dan Distribution. Tahapan Initiation dilakukan untuk menentukan konsep dasar dari game yang akan dibangun, tahapan pre-production dilakukan untuk merancang desain game. Tahapan production dilakukan untuk pembuatan asset – asset dan integrasi asset dengan programming. Tahapan Testing dilakukan untuk menguji hasil dari pembangunan game apakah sudah sesuai dengan Game Design Document atau belum. Tahapan distribution dilakukan untuk rilis game.  Penelitian ini menghasilkan game edukasi anak usia dini 4-6 tahun berbasis android yang dibangun dengan menggunakan metodologi Game Development Life Cycle.

Kata kunci: Game, GDLC, Kesehatan, Pendidikan Anak Usia Dini.