Abstrak


Penerapan Model Visualization Auditory Kinestetic (VAK) Dengan Multimedia Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Tentang Perkembangan Teknologi Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 2 Tamanwinangun Tahun Ajaran 2016/2017


Oleh :
Arif Wahyudi - K7113504 - Fak. KIP

Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mendeskripsikan langkah-langkah penerapan model visualization, auditory, kinestethic (VAK) dengan multimedia, (2)  meningkatkan  hasil  belajar  siswa,  serta  (3)  mendeskripsikan  kendala  dan solusi penerapan model VAK dengan multimedia dalam peningkatan hasil belajar pada siswa kelas IV SD Negeri 2 Tamanwinangun tahun ajaran 2016/2017.
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan secara kolaboratif dan berlangsung selama dua siklus yang dilakukan di SD Negeri 2 Tamanwinangun dengan  jumlah  siswa  sebanyak  27.  Teknik  pengumpulan  data  menggunakan teknik tes dan nontes yang berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Validitas data diukur dengan menggunakan triangulasi data. Analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan (1) langkah-langkah model VAK dengan multimedia yaitu  persiapan, penyampaian, pelatihan, penampilan hasil; (2) hasil belajar  siswa  pada  siklus  I  mencapai  59,25%  dan  pada  siklus  II  meningkat menjadi 88,88%; (3) kendala pada penelitian ini yaitu guru masih ragu dalam menerapkan model VAK, siswa kurang aktif dalam pembelajaran, siswa kesulitan dalam menyelesaikan masalah, dan   tanggapan  siswa belum menyinggung isi diskusi. Adapun solusinya yaitu memberikan pelatihan model VAK pada guru, guru mengaktifkan siswa, guru membimbing siswa menyelesaikan masalah, dan guru membimbing siswa dalam pemberian tanggapan.
Simpulan penelitian ini adalah penerapan model VAK dengan multimedia dapat   meningkatkan   hasil   belajar   pada   siswa   kelas   IV   SD   Negeri   2
Tamanwinangun tahun ajaran 2016/2017