Abstrak


Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Pengelasan Las Listrik Melalui Pendekatan Pembelajaran Paikem Pada Siswa Kelas X TPM II SMK Pancasila Surakarta Tahun Pelajaran 2016/2017


Oleh :
Imanuel Dalapang - K2513082 - Fak. KIP

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran pengelasan las listrik siswa kelas X TPM II SMK PANCASILA Surakarta Tahun Pelajaran 2016/2017.
Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang berlangsung dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X TPM II di SMK PANCASILA Surakarta tahun pelajaran 2016/2017 berjumlah 30 siswa. Sumber data berasal dari guru, siswa, dan dokumen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Uji validitas data menggunakan uji validitas isi. Teknik analisis data menggunakan model analisis tes hasil belajar dan menghitung nilai rata-rata .
Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukan bahwa nilai rata-rata kelas mata pelajaran pengelasan las listrik pada kondisi awal adalah 71,8 dengan persentase ketuntasan kelas sebesar 36,67%. Pada siklus I nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 74,66 dengan persentase ketuntasan kelas sebesar 66,66%. Pada siklus II nilai rata-rata meningkat menjadi 84 dengan persentase ketuntasan kelas sebesar 90%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pendekatan model pembelajaran PAIKEM dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X TPM II SMK PANCASILA Surakarta Tahun Pelajaran 2016/2017.