Abstrak


Pembuatan Sistem Informasi Administrasi Kesiswaan Sekolah Dasar


Oleh :
Cahyani Tyas Pertiwi - M3114040 - Fak. MIPA

ABSTRAK

Administrasi kesiswaan yang teratur, sangat diperlukan demi peningkatan kemampuan pengelolaan pendidikan. Data dan informasi perkembangan siswa perlu dikelola secara cermat. Selama ini, pengelolaan administrasi siswa dilakukan dengan menggunakan aplikasi Microsoft Excel dan juga pembukuan secara manual. Hal ini tentunya tidak efektif.
Melihat betapa pentingnya administrasi sebagai alat dalam menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran di Sekolah Dasar, diperlukan suatu sistem informasi yang mampu mengelola data-data siswa secara cepat, efektif, dan efisien. Maka dari itu penulis mengusulkan bahwa pengelolaan administrasi siswa dilakukan secara komputerisasi dengan menggunakan suatu sistem informasi berbasis web. Sistem ini dapat mempermudah pihak sekolah dalam  mengelola administrasi siswa. Data yang diperlukan dapat diakses secara mudah dan cepat.
Pembuatan sistem informasi administrasi kesiswaan sekolah dasar menggunakan metode waterfall. Langkah-langkah dari metode ini adalah pengumpulan data, pembuatan analisa kebutuhan sistem, pembuatan desain sistem, pembuatan desain basisdata, implementasi, dan testing. Sistem ini dibangun menggunakan bahasa pemrograman PHP, framework CodeIgniter 3, dan database management system MySQL. Pengujian sistem informasi administrasi kesiswaan sekolah dasar menggunakan metode “Black Box Testing”.
Hasil dari pembuatan dari sistem ini adalah suatu sistem informasi yang dapat mengelola pendaftaran siswa baru, mengelola data siswa, mengelola data mutasi (pindahan dan pindah) siswa, mengelola kenaikan kelas siswa, dan laporan-laporan yang diperlukan.

Kata Kunci: sistem informasi, CodeIgniter,  administrasi kesiswaan, pencatatan, pelaporan.