Abstrak


Faktor – Faktor Pengaruh Persepsi Pendengar terhadap Aktivitas Mendengarkan Program Radio Segmented (Studi Deskriptif Kualitatif Faktor-Faktor Pengaruh Persepsi Pendengar Wanita Terhadap Aktivitas Mendengarkan Program Smash Your Ass di 92.9 FM Solo Radio Surakarta)


Oleh :
Ratna Nabila Fairuz - D0213075 - Fak. ISIP

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi pendengar program Smash Your Ass yang wanita terhadap aktivitas mendengarkan program segmented tersebut. Berdasarkan penelitian dari University of Queensland di Australia menyatakan dari 333 penggemar musik metal, sebanyak 87,85?alah pria dan sisanya adalah wanita. Selain ratingnya yang tinggi, program Smash Your Ass juga dinilai memiliki pendengar yang loyal. Sudah berusia kurang lebih 11 tahun, pendengarnya memiliki persepsi bahwa program Smash Your Ass adalah program radio musik metal satu-satuya di Solo Raya. Hal-hal tersebut mendorong peneliti untuk melihat elemen-elemen apa aja mempengaruhi persepsi pendengar dalam mendengarkan program Smash Your Ass. Berdasarkan teori, ada lima faktor yang mempengaruhi persepsi seseorang yaitu asumsi-asumsi yang didasarkan pada pengalaman-pengalaman masa lalu, harapan-harapan budaya, motivasi (kebutuhan), suasana hati (mood), serta sikap
Penelitian ini merupakan penelitian berparadigma kualitatif, dan mengambil lokasi di Surakarta. Data yang digunakan merupakan wawancara dengan teknik indepth interview yang telah dituangkan dalam bentuk transkip. Indepth interview tersebut melibatkan enam wanita pendengar setia program Smash Your Ass. Enam wanita yang akan menjadi informan diambil dengan teknik purposive sampling. Informan tersebut diambil dengan kriteria yang suka mendengarkan program saat disiarkan dan juga pernah berpartisipasi melalui sosial media (Twitter dan Whatsapp).
Dari data yang terkumpul dan hasil analisis yang disusun, diperoleh kesimpulan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi pendengar adalah asumsi dan motivasi. Asumsi pendengar akan program Smash Your Ass merupakan satu-satunya program radio musik metal membuat pendengar terus mengandalkan program tersebut dalam memenuhi kebutuhannya. Motivasi pendengar dalam mendengarkan Smash Your Ass juga berbeda-beda yaitu karena rasa keingintahuan terhadap informasi, sebagai kebutuhan sosial, sebagai penghilang stres (hiburan), dan faktor mengidolakan penyiar (idolizing).

Kata Kunci: Persepsi, Program Segmented, Solo Radio.