Abstrak


Penerapan Metode Inkuiri Terbimbing Pada Pembelajaran Bahasa Mandarin Kelas Xi Ipa Di SMA Kristen 2 Surakarta


Oleh :
Patricia Christie Fridayani - C9613025 - Fak. Ilmu Budaya

ABSTRAK


Patricia Christie Fridayani. C9613025. 2017.  Penerapan Metode Inkuiri Terbimbing Pada Pembelajaran Bahasa Mandarin Kelas XI IPA di SMA KRISTEN 2 SURAKARTA. Program Studi D3 Bahasa Mandarin, Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sebelas Maret Surakarta.
Tugas akhir ini dilatarbelakangi oleh penggunaan metode Inkuiri Terbimbing pada pembelajaran bahasa Mandarin kelas XI IPA di SMA Kristen 2 Surakarta, serta kendala yang dihadapi dan solusinya.
Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, studi pustaka, studi dokumen, dan kuisioner.
Berdasarkan penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Inkuiri terbimbing dalam pembelajaran bahasa Mandarin kelas XI IPA sangat efektif yaitu 82. Akan tetapi, mengalami penurunan 5 point dengan nilai rata - rata 77 dikarenakan pelafalan mereka kurang tepat. Namun pada ulangan akhir semester mengalami peningkatan 13 point nilai rata - rata menjadi 90. Jadi nilai   rata   -   rata  kelas   menjadi   83.   Dalam  proses  pembelajaran,   penulis menemukan Kendala yang dihadapi yakni pelafalan kosakata, dan menulis Hanzi. Selain membaca dan menulis Hanzi, sekolah ini belum memiliki buku cetak bahasa Mandarin. solusinya adalah dengan menggunakan buku cetak bahasa Mandarin, kamus, dan internet. Penulis juga memberikan motivasi kepada murid supaya semangat dalam belajar. mengajari mereka membaca kosakata, paragraf pendek, dialog, dan menulis Hanzi.

 

Kata Kunci : Penerapan, Inkuiri Terbimbing, Pembelajaran bahasa Mandarin.