Abstrak


Relasi Anak dan Lingkungan Sekitarnya dalam Teks “Akhi< Ash-Shaghi<R Yamsyi<” (2000)Karya Hasan Abdullah (Kajian Psikologi Sastra)


Oleh :
Fatma Wulandari - C1013017 - Fak. Ilmu Budaya

Abstrak

Penelitian ini membahas; 1) Bagaimana struktur teks “Akhi> Ash-Shaghi>r Yamsyi>” (2000) karya Hasan Abdullah menurut Farhu>d, 2) Bagaimana relasi anak dengan lingkungan sekitarnya berdasarkan tinjauan  psikologi sastra dalam teks “Akhi> Ash-Shaghi>r Yamsyi>” (2000) karya Hasan Abdullah.

Tujuan penelitian ini adalah; 1) Menentukan struktur teks “Akhi> Ash-Shaghi>r Yamsyi>” (2000) karya Hasan Abdullah menurut Farhu>d, 2) Mendeskripsikan hubungan atau relasi anak dengan lingkungan sekitar berdasarkan tinjauan psikologi sastra dalam teks “Akhi> Ash-Shaghi>r Yamsyi>” (2000) karya Hasan Abdullah.

Hasil penelitian ini dapat disimpulkan menjadi dua poin yaitu sebagai berikut; 1) Struktural Farhu>d dalam cerita berjudul “Akhi> Ash-Shaghi>r Yamsyi>” (2000) karya Hasan Abdullah meliputi peristiwa, tokoh, alur, latar, dan tema.Terdapat 3(tiga) peristiwa pokok dengan alur cerita maju dan berlatar di sekitar rumah. Tokoh-tokoh yang berperan yaitu; a) Tokoh “Aku”, b) Hussam, c) Maha, d) Ayah, dan d) Ibu. 2)Setiap perkembangan yang terjadi pada setiap anak menciptakan suatu hubungan atau relasi yang melibatkan lingkungan sekitar, seperti relasi anak dengan orang tua, relasi anak dengan saudara dan relasi anak dengan mainan.

Kata Kunci: Psikologi sastra, Struktural, Relasi, Anak, Lingkungan.