;

Abstrak


Pengembangan E-Book Aritmetika Sosial Berbasis Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII


Oleh :
Aditin Putria - S811602003 - Sekolah Pascasarjana

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kebutuhan guru dan siswa terhadap sumber belajar dalam pembelajaran matematika saat ini, menjelaskan prosedur pengembangan e-book yang valid dan praktis untuk siswa kelas VII, menghasilkan e-book berbasis Realistic Mathematics Education (RME) untuk siswa kelas VII sebagai produk hasil pengembangan, dan menguji keefektifan e-book berbasis Realistic Mathematics Education (RME) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika.
Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research & Development)). Prosedur yang digunakan pada pengembangan e-book dalam penelitian ini yaitu menggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima tahap utama yaitu (1) analisis, (2) desain, (3) pengembangan, (4) implementasi, dan (5) evaluasi. Validasi ahli dalam pengembangan E-book aritmetika sosial berbasis RME melibatkan tiga ahli materi, tiga ahli media, dan tiga praktisi guru matematika. Uji empirik e-book dilakukan dalam tiga tahap yaitu one-to-one, small group, dan field trial.
Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) kebutuhan guru dan siswa terhadap sumber belajar dalam pembelajaraan matematika di kelas VII yaitu adanya bahan ajar yang dapat melibatkan guru dalam penyusunannya, serta materi yang tidak langsung memperkenalkan objek formal matematika, (2) pengembangan e- book ini menggunakan model ADDIE, (3) e-book aritmetika sosial berbasis RME didesain menggunakan Kvisoft Flipbook Maker Pro 4, terintegrasi multimedia terdiri dari teks, gambar, audio, dan video yang dapat diakses dengan atau tanpa terhubung dengan koneksi internet (4) Keefektifan e-book berbasis RME dibandingkan dengan buku cetak sebagai bahan ajar siswa kelas VII diketahui melalui uji coba dua rata-rata menggunakan uji-t yang menghasilkan kesimpulan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar matematika yang signifikan antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol, diketahui bahwa rata-rata nilai tes yang diperoleh kelas kontrol adalah 61,42 dan kelas eksperimen 79,84. Sedangkan kebermaknaan e-book aritmetika sosial berbasis RME dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VII dilihat berdasarkan peningkatan hasil belajar siswa sebesar sebelum dan sesudah menggunakan e-book di kelas eksperimen. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa e-book aritmetika sosial berbasis RME tidak hanya teruji valid dan praktis melalui tahap pengembangan dan implementasi, tetapi juga e-book aritmetika sosial berbasis RME terbukti lebih efektif dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa.